visitaaponce.com

Serangan Israel ke Posisi Tentara Suriah, Laporan Media AS Sebut Iran Diserang

Serangan Israel ke Posisi Tentara Suriah, Laporan Media AS Sebut Iran Diserang
Pada Jumat, Israel melancarkan serangan yang menargetkan posisi tentara Suriah di selatan negara tersebut(AFP)

SERANGAN Israel, Jumat, menargetkan posisi tentara Suriah di selatan negara itu, kata pemerintah Suriah dan sebuah lembaga pemantau. Sementara media AS melaporkan Israel telah menyerang musuh bebuyutannya, Iran.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan “musuh Israel melakukan serangan menggunakan rudal… menargetkan situs pertahanan udara kami di wilayah selatan” dan menyebabkan kerusakan material.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang mengatakan Israel menargetkan posisi radar tentara di provinsi selatan Daraa yang mendeteksi masuknya pesawat Israel ke wilayah udara Suriah.

Baca juga : Respon Iran atas Serangan di Suriah Diduga Bikin Panik Israel

Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium yang berbasis di Inggris, mengatakan serangan itu terjadi “pada saat angkatan udara Israel terbang secara intensif di wilayah Daraa” tanpa pertahanan udara Suriah mengambil tindakan apa pun.

Militer Israel telah melakukan ratusan serangan di Suriah sejak pecahnya perang saudara di negara tetangganya di utara pada tahun 2011, terutama menargetkan posisi tentara dan pejuang yang didukung Iran.

Namun serangan tersebut meningkat sejak perang Israel dengan kelompok militan Palestina yang didukung Iran, Hamas, di Jalur Gaza dimulai pada 7 Oktober.

Baca juga : Israel Waspada Setelah Ancaman Iran Saat Perang Gaza Berlanjut

Kementerian Luar Negeri Suriah mengutuk keras agresi Israel dan serangan-serangan sebelumnya terhadap wilayahnya.

Suriah meminta “komunitas internasional dan PBB… untuk mengambil semua tindakan pencegahan untuk menghentikan” serangan Israel, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara SANA.

Rayan Maarouf dari media Suwayda24, yang dikelola oleh jurnalis warga, sebelumnya mengatakan kepada AFP bahwa ada serangan terhadap posisi radar tentara Suriah di provinsi Sweida, tanpa menyebutkan asal serangan tersebut.

Baca juga : Libanon dan Israel Saling Serang

Serangan terbaru ini terjadi ketika ledakan dilaporkan pada Jumat pagi di Iran tengah, dan pejabat senior AS melaporkan adanya serangan Israel.

Kantor berita Fars Iran melaporkan tiga ledakan di dekat pangkalan militer di provinsi Isfahan. Kantor berita resmi IRNA mengatakan “tidak ada kerusakan besar”.

Para pejabat Israel tidak memberikan komentar publik mengenai laporan serangan tersebut dan para pejabat Iran mengecilkan arti penting serangan tersebut.

Israel memperingatkan akan melakukan serangan balik setelah Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal terhadap Israel pada malam hari tanggal 13 April, sebuah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan balasan atas serangan mematikan – yang secara luas disalahkan pada Israel – terhadap konsulat Teheran di Damaskus. (afp/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat