visitaaponce.com

Empat tentara Suriah tewas dalam serangan Israel dekat Damaskus

Empat tentara Suriah tewas dalam serangan Israel dekat Damaskus
Sebanyak empat tentara Suriah tewas dan empat lainnya luka saat serangan udara Israel terjadi di ibu kota Dasmaskus.(AFP)

EMPAT tentara Suriah tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan udara Israel dekat ibu kota Damaskus pada Senin (7/8) dini hari.

"Pada pukul 02:20 pagi (23:20 GMT Minggu), musuh Israel melancarkan serangan udara dari arah Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki, menargetkan area di sekitar Damaskus," lapor agensi berita negara SANA.

Selain itu, belum dapat dipastikan merusakan material yang dialami. Pihak Pertahanan Udara Suraih juga mengklaim berhasil menghalang beberapa rudal. 

Baca juga: Indonesia Desak Israel Hormati Status Quo Jerusalem

Selama lebih dari satu dekade perang di Suriah, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di wilayah tersebut. Mereka menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hezbollah, serta posisi pasukan militer Suriah.

Meskipun Israel jarang mengomentari serangan yang dilancarkannya di Suriah, negara tersebut telah berulang kali menyatakan ia tidak akan membiarkan Iran, musuh bebuyutan Israel, untuk memperluas pengaruhnya di sana.

Baca juga: Gempa 5,4 SR Guncang Tiongkok, Puluhan Orang Terluka dan Sejumlah Bangunan Runtuh

Pada 19 Juli, serangan udara Israel dekat Damaskus menewaskan tiga pejuang pro-pemerintah dan melukai empat lainnya. SANA melaporkan dua tentara terluka dalam serangan tersebut. SANA mengutip sumber militer yang mengatakan bahwa pemboman tersebut menargetkan "posisi tertentu di sekitar Damaskus".

Kementerian luar negeri Suriah telah mengutuk serangan tersebut "dengan tegas". Dalam pernyataan yang dikutip SANA, kementerian tersebut mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Dewan Keamanan untuk "segera bertindak" untuk memaksa Israel "menahan diri dari kebijakan-kebijakan kriminal ini".

Pada awal bulan lalu, media negara melaporkan Israel telah melancarkan serangan udara dekat kota Homs yang dikuasai pemerintah. Tentara Israel kemudian mengatakan mereka menyerang baterai anti-pesawat setelah adanya tembakan roket.

Pada 14 Juni, Israel melancarkan serangan udara dekat Damaskus yang melukai seorang tentara, menurut SANA. Serangan udara Israel sebelumnya telah menyebabkan bandara-bandara Damaskus dan Aleppo berhenti beroperasi.

Pada akhir Maret dan awal April, Israel meningkatkan serangan udara terhadap Suriah dengan empat serangan dalam waktu kurang dari seminggu, menargetkan posisi pasukan pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok pro-Iran. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat