visitaaponce.com

KBRI Tokyo Gelar Pameran Seni dan Budaya Indonesia

KBRI Tokyo Gelar Pameran Seni dan Budaya Indonesia
Pameran Exploring the Beauty of Indonesia di Hideo Gallery, Tokyo, Jepang(MI/Dok KBRI Tokyo)

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Hideo Tokyo menggelar Pameran Seni dan Budaya Indonesia bertajuk Exploring the Beauty of Indonesia di Hideo Gallery, Tokyo, Jepang, 21 Agustus – 1 September 2023. 

Saat pembukaan pameran, Senin (21/8), di Hideo Tokyo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, didampingi Nuning Akhmadi, menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya promosi seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang.

"Ini adalah bentuk nyata kerja sama people-to-people antara Indonesia dan Jepang. Kami terus berupaya mempromosikan kekayaan seni dan budaya Indonesia agar terus melekat dan menjadi perhatian masyarakat Jepang," ujar Duta Besar Heri Akhmadi yang juga didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto, dan Karina Wulandari.

Baca juga : KBRI Tokyo Terus Perkuat Jalinan Kerja Sama Indonesia - Jepang

"Upaya ini kami lakukan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Hideo Tokyo. Acara ini juga bagian dari perayaan 65 tahun hubungan Indonesia – Jepang,” tambah Dubes Heri dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo.

Sementara itu CEO Hideo Gallery Hideo Shimizu mengapresiasi kerja sama yang baik antara KBRI Tokyo dan Hideo Gallery. 

"Saya mengapresiasi kerja sama erat KBRI Tokyo dengan kami dalam penyelenggaraan acara ini. Selamat atas 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang," kata Shimizu.

Baca juga : Tampil di Waiwai World Fair 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka

Pembukaan pameran dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat untuk Jepang, di antaranya Dubes Singapura, Thailand, Argentina, Mikronesia, Myanmar, dan lebih dari 80 tamu undangan lainnya dari kalangan diplomatik dan bisnis.

Exploring the Beauty of Indonesia

Dalam masa pameran ini, KBRI Tokyo dan Hideo Tokyo akan menyelenggarakan dua program khusus. Jumat (25/8) pukul 17.00 – 19.30 JST, Yori Antar akan mempresentasikan keindahan Desa Wae Rebo di Pulau Flores yang memiliki struktur rumah yang unik yang dikenal sebagai Mbaru Niang yang dianugerahi Penghargaan Warisan Asia-Pasifik UNESCO pada 2012.

Sementara itu, Selasa (29/8), pengunjung dapat mengikuti gelar wicara seputar Songket Minangkabau yang akan dipandu Sativa Sutan Aswar. Ia juga akan mengulas kehidupan masyarakat dan para penenun Minangkabau.

Baca juga : Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

Dalam sesi ini, Sativa juga akan mempresentasikan karyanya tentang penggunaan material baru dalam pengembangan kain tenun songket sembari memamerkan koleksinya.

Pameran menampilkan pula wastra batik karya seniman Jepang Fusami Ito, dan wastra tradisional Indonesia seperti Ulos Sumatera Utara koleksi dan kreasi Torang Sitorus.

Instrumen musik tradisional Indonesia seperti gamelan Bali juga memeriahkan acara ini.

Para pengunjung juga dapat menikmati sajian berbagai jenis kopi khas berbagai daerah di Indonesia serta ragam kudapan ringan nusantara.

Pameran Exploring the Beauty of Indonesia dan gelar wicara terbuka untuk umum di Galeri Hideo Jepang, 3-3-3 Akasaka Minato-ku Tokyo, mulai 22 Agustus – 1 September 2023. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat