visitaaponce.com

IndOz Conference 2023 Soroti Implementasi IA-CEPA

IndOz Conference 2023 Soroti Implementasi IA-CEPA
Duta Besar RI untuk Australia Siswo Pramono memberikan sambutan di IndOz Conference 2023.(KBRI Australia)

Pertemuan bisnis Indonesia-Australia, IndOz Conference, digelar di Brisbane City Hall, pada 24 Agustus 2023. Konferensi mengambil tema 'Indonesia: Gateway to ASEAN’s Sustainable Trade and Investment'. 

Agenda yang dihadiri 210 peserta itu menyoroti sejumlah isu strategis. Salah satu yang utama adalah terkait kelanjutan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA)

Duta Besar Indonesia untuk Australia, Siswo Pramono, mengungkapkan, tiga tahun setelah perjanjian IA-CEPA berlaku, total perdagangan kedua negara meningkat hingga 85%. Tidak hanya itu, investasi asal Australia ke Indonesia juga naik sekitar 170%. 

Baca juga: Investasi Capai Rp1,2 Triliun, Kementerian PUPR dan Australia Bangun IPAL Sei Selayur

"Ekonomi Indonesia dan Australia adalah saling melengkapi satu sama lain. Saya berharap, melalui IndOz Conference, kita dapat memanfaatkan momentum dan membangun kekuatan ekonomi Indonesia-Australia," ujar Siswo.

Selain implementasi IA-CEPA, topik yang juga menjadi sorotan adalah arsitektur kesehatan global. Para pembicara ternama seperti Peneliti di Universitas Queensland Helen Haydon, Direktur IA-CEPA Katalis Paul Bartlett dan Direktur Utama B&A Technologies dan Stephen Betts memaparkan urgensi untuk mencapai kesetaraan akses layanan kesehatan serta potensi teknologi digital dalam pengembangan layanan kesehatan.

Baca juga: Ganjar Jajaki Kerja Sama Baru Jateng-Australia Bidang Energi Terbarukan

Kemudian, Revolusi Industri 4.0 juga menjadi pembahasan. Para tokoh menggarisbawahi bagaimana pengelolaan keamanan siber di era industri seperti sekarang. Mereka juga mengupayakan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan keterampilan digital.

Direktur Konferensi IndOz 2023 Ashleigh Mansfield mengaku puas dengan antusiasme para peserta baik yang berasal dari Indonesia maupun Australia.

"Partisipasi aktif dari peserta, pembicara, sponsor, dan mitra benar benar mencerminkan minat dan potensi kolaborasi dalam hubungan Indonesia-Australia. Kami tak sabar untuk melihat momentum ini terus berlanjut," ucapnya. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat