visitaaponce.com

RI-Tiongkok Sepakat Menjaga Kerja Sama Saling Menguntungkan

RI-Tiongkok Sepakat Menjaga Kerja Sama Saling Menguntungkan
Menlu Tiongkok Wang Yi dan Menlu RI Retno Marsudi(AFP)

Kerja sama Indonesia dengan Tiongkok telah berusia 74 tahun. Dalam perjalanannya, kedua negara telah mendapatkan manfaat satu sama lain dan besarannya harus terus ditingkatkan.

"Kedua pihak sepakat untuk memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara. Hubungan bilateral akan terus diperkokoh dengan terus menghormati hukum internasional," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menerima kunjungan Menlu Tiongkok Wang Yi, di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (18/4).

Retno menambahkan Tiongkok adalah salah satu mitra penting ekonomi Indonesia. Beijing merupakan mitra dagang terbesar bagi Jakarta, dengan volume perdagangan mencapai lebih dari US$127 miliar.

Baca juga : Menlu Tiongkok dan Menlu RI Bahas Isu Timur Tengah yang Memanas

Tiongkok juga merupakan salah satu investor asing terbesar dengan nilai investasi lebih dari US$7,4 miliar tahun lalu. Beberapa fokus kerja sama investasi yang akan terus diperkuat, antara lain di bidang hilirisasi industri, pembangunan infrastruktur, manufaktur, transisi energi, serta ketahanan pangan.

Pembahasan kerja sama ekonomi secara lebih detail akan dibahas dalam pertemuan High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) di Labuan Bajo, NTT, pada Jumat (19/4). "Dari pihak Indonesia akan dipimpin bersama Menko Marves dan Menlu. Sementara dari pihak Tiongkok akan dipimpin oleh Menlu Wang Yi," ujar Retno.

Ia juga mengatakan kunjungan Wang Yi ini akan lebih memperkuat hubungan kedua negara. Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Tiongkok akan terus dipupuk dengan semangat kerja sama, saling menghormati dan saling menguntungkan.

Baca juga : Indonesia Hadiri Pertemuan Darurat OKI soal Palestina

Masih dalam konteks kerja sama bilateral, kata Retno, kunjungan Wang Yi ini turut membahas kerja sama penanganan kejahatan lintas batas, terutama daring scam. "Saya sampaikan pentingnya kerja sama kawasan, termasuk dengan Tiongkok

dalam penanganan kejahatan ini, banyak WNI yang menjadi korban. Maka itu mengajak Tiongkok untuk melakukan kerja sama di bidang pencegahan agar korban tidak terus berjatuhan," ungkapnya.(M-3)

 

Selain itu, lanjut Retno, pihaknya juga membahas beberapa isu kawasan dan dunia dengan Wang Yi. Indonesia menekankan kembali komitmen-nya untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di Indo

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat