visitaaponce.com

Palestina Butuh Keanggotaan Penuh PBB

Palestina Butuh Keanggotaan Penuh PBB
Menlu Retno Marsudi, bertemu dengan Presiden Sidang Majelis Umum PBB ke-78, Dennis Francis, di World Water Forum ke-10 di Bali. (AFP)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-78 Dennis Francis di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Minggu (19/5). Di antara isu yang dibahas adalah situasi di Palestina, penguatan multilateralisme, dan perubahan iklim.

Retno menyambut baik adopsi resolusi SMU PBB mengenai pemberian hak-hak istimewa bagi Palestina. Itu membuat Palestina memiliki hak hampir sama dengan negara anggota.

Resolusi ini merupakan langkah penting dalam upaya mendorong hak yang setara bagi Palestina. 

Baca juga : Indonesia dan OKI Serukan Penyelamatan UNRWA, Badan PBB untuk Pengungsi Palestina

“Resolusi ini saja tidaklah cukup. Upaya mewujudkan perdamaian berkelanjutan, memastikan kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan, dan mendorong keanggotaan penuh Palestina di PBB harus terus dilakukan,” katanya dalam keterangan resmi yang dirilis Kementerian Luar Negeri, Senin (20/5).

Isu lain yang dibahas adalah penguatan multilateralisme. Retno menegaskan pentingnya peran PBB yang lebih sebagai jangkar multilateraisme dan komitmen Indonesia mendukung multilateralisme.

Dalam kaitan ini, Indonesia menyambut baik rencana penyelenggaraan Summit of the Futuredan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil  konkret.

Baca juga : Viral, Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Utusan Israel Bicara di Forum Debat DK-PBB

“Termasuk pula dalam mendorong reformasi arsitektur multilateral dan mempercepat pencapaian SDGs,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden SMU PBB Dennis Francis menyampaikan apresiasi atas kontribusi Indonesia pada misi pemeliharaan perdamaian PBB. Terkait perubahan iklim, Menlu menegaskan komitmen Indonesia untuk berkolaborasi mengatasi kenaikan air laut yang sangat berdampak pada negara-negara kepulauan kecil.

Dalam kaitan ini, Indonesia mendukung penyelenggaraan High-Level Meeting on the Sea Level Rise pada September mendatang dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat