visitaaponce.com

Warga Gaza Butuh Lebih dari Sekadar Makanan

Warga Gaza Butuh Lebih dari Sekadar Makanan
Anak-anak pengungsi di Khan Younis, Jaklur Gaza menanti makanan(dok: AFP)
Kepala ekonom Program Pangan Dunia (WFP) Arif Husain mengatakan dunia perlu mengambil tindakan sekarang untuk mencegah kelaparan di Gaza, di mana hampir seluruh penduduk di wilayah itu yang berjumlah 2,3 juta jiwa menghadapi kelaparan akut.

“Setengah dari orang-orang tersebut meninggal sebelum kelaparan diumumkan,” kata Husain kepada wartawan pada Selasa (25/6), merujuk pada contoh kelaparan di Somalia pada tahun 2011 yang menewaskan 250.000 orang.

Menurutnya untuk mencegah kelaparan di Gaza yang dibutuhkan lebih dari sekadar makanan, melainkan juga air bersih, sanitasi, layanan kesehatan dan obat-obatan secara berkelanjutan.

Husain mengatakan ancaman kelaparan di Gaza utara dapat dicegah karena bantuan bisa masuk, termasuk pengiriman komersial.

"Namun sekarang ada kekhawatiran di Gaza selatan di mana operasi militer Israel sedang berlangsung dan penyeberangan utama Rafah dari Mesir ditutup," katanya.

Dia mengatakan jika PBB dan organisasi-organisasi bantuan mempunyai akses ke tempat-tempat yang membutuhkan bantuan, “Kita dapat memperbaiki situasi ini, tetapi jika kita tidak memiliki akses, maka hal itu tidak mungkin dilakukan," pungkasnya. (Aljazeera/M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat