visitaaponce.com

Krisis Kelaparan Ancam 1 Juta Penduduk Gaza

Krisis Kelaparan Ancam 1 Juta Penduduk Gaza
PBB mengeluarkan peringatan potensi krisis kelaparan di Gaza, dengan lebih dari satu juta warga Palestina terancam mengalami kelaparan(AFP)

BADAN Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan lebih dari satu juta warga Palestina di Gaza bisa mengalami tingkat kelaparan tertinggi pada pertengahan bulan depan, jika pertikaian terus berlanjut.

Kelaparan semakin memburuk karena pembatasan yang ketat terhadap akses kemanusiaan dan keruntuhan sistem pangan lokal dalam perang Gaza yang hampir delapan bulan, kata Program Pangan Dunia dan Organisasi Pangan dan Pertanian dalam laporan bersama.

"Dalam ketiadaan penghentian pertikaian dan peningkatan akses, dampak terhadap kematian dan kehidupan warga Palestina sekarang, dan pada generasi mendatang, akan meningkat secara signifikan setiap hari, bahkan jika kelaparan bisa dihindari dalam jangka pendek," demikian laporannya.

Baca juga : Israel Mulai Pindah Paksa Warga Gaza di Rafah

Sementara itu, administrasi Rumah Sakit Al-Aqsa mengatakan fasilitas pusat Gaza telah menjalankan hanya dua generator selama 244 hari "tanpa berhenti".

"Rumah Sakit Al-Aqsa saat ini memiliki lebih dari 700 orang terluka dan sakit, serta melayani lebih dari satu juta orang dan orang-orang yang mengungsi di wilayah pusat," kata mereka dalam siaran pers yang diposting oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

"Kami mengutuk upaya pendudukan Israel untuk menundukkan rumah sakit dan membuatnya tidak beroperasi sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan hukum internasional... Ini termasuk dalam kerangka kejahatan genosida terhadap warga sipil, anak-anak, dan wanita."

Rumah sakit ini mendesak komunitas internasional dan negara-negara regional untuk "menyelamatkan orang sakit, terluka, dan anak-anak Gaza dari kematian yang pasti". (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat