visitaaponce.com

Menlu Tiongkok dan Menlu RI Bahas Isu Timur Tengah yang Memanas

Menlu Tiongkok dan Menlu RI Bahas Isu Timur Tengah yang Memanas
Menlu Tiongkok Wang Yi dan Menlu Retno Marsudi membahas kondisi Timur Tengah yang saat ini kian memamanas.(AFP)

KUNJUNGAN Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi dilakukan di tengah semua pihak memiliki kekhawatiran akan situasi yang berkembang di Timur Tengah.

"Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk melakukan de-eskalasi," kata Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers di Gedung Nusantara, Kemlu RI, Kamis (18/4).

Dalam pertemuan dengan Menlu Wang Yi, Retno menjelaskan mengenai upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia sejauh ini dan dia yakin RRT akan menggunakan pengaruhnya guna mencegah terjadinya eskalasi.

Baca juga : Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Tiongkok Wang Yi

"Kita juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza dan penyelesaian masalah Palestina secara adil melalui two state solutions," sebutnya.

Indonesia akan mendukung keanggotan penuh Palestina di PBB. Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina.

"Mari kita jalin hubungan yang bersahabat, saling menghormati, saling menguntungkan, dan terus menghormati hukum internasional. Kita akan dapat menjaga stabilitas perdamaian dan kemakmuran di kawasan kita," lanjutnya.

Menteri Luar Negeri Wang Yi juga melakukan kunjungan kehormatan ke Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (18/4) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat