visitaaponce.com

Topan Haikui Semakin Mendekat, Taiwan Evakuasi Ribuan Orang

Topan Haikui Semakin Mendekat, Taiwan Evakuasi Ribuan Orang
Ombak menghantam pembatas di Taiwan yang akan dihampiri oleh Topan Haikui, Minggu (3/9).(AFP/I-HWA CHENG )

SEJUMLAH penerbangan domestik dibatalkan dan hampir tiga ribu orang di Taiwan dievakuasi menjelang kedatangan Topan Haikui. Fenomena alam itu diperkirakan membawa hujan deras dan angin kencang ke selatan dan timur pulau tersebut.

Topan Haikui diperkirakan mencapai wilayah pegunungan di wilayah tenggara Taiwan pada Minggu (3/9) dengan beberapa pemerintah kabupaten dan kota di timur dan selatan menutup kegiatan belajar mengajar di kelas serta mengumumkan hari libur di kalangan pekerja.

Haikui adalah badai yang jauh lebih lemah dibandingkan Topan Saola, yang melanda Hong Kong dan Guangdong di selatan Tiongkok pada Sabtu (2/9) kemarin.

Baca juga: Usai Hong Kong, Topan Saola Landa Pantai Tiongkok

Haikui diperkirakan hanya merupakan topan Kategori 1 atau 2 ketika melanda Taiwan, demikian menurut estimasi Tropical Storm Risk. Pemerintah Taiwan mengatakan 2.868 orang telah dievakuasi dari daerah permukiman, terutama di wilayah selatan dan timur.

Dua maskapai penerbangan domestik utama Taiwan, UNI Air dan Mandarin Airlines, telah membatalkan semua penerbangan pada Minggu. Sementara layanan kapal feri ke pulau-pulau lepas pantai Taiwan juga dibatalkan.

Baca juga: 20 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Taiwan

Gangguan pada penerbangan internasional berkurang, dengan hanya 25 penerbangan yang dibatalkan pada Minggu. Militer Taiwan telah mengerahkan tentara dan peralatan untuk membantu upaya penanganan banjir dan evakuasi.

Setelah melewati Taiwan bagian selatan, Topan Haikui diperkirakan melintasi Selat Taiwan menuju Tiongkok. (TRTworld/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat