visitaaponce.com

20 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Taiwan

20 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Taiwan
Ilustrasi(AFP)

KEMENTERIAN Pertahanan Taiwan menyatakan dalam 24 jam terakhir telah mendeteksi 20 pesawat militer angkatan udara Tiongkok memasuki zona pertahanan udaranya, termasuk sebuah drone tempur di pesisir timur Pasifik Taiwan.

Taiwan yang memerintah sendiri namun diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya,  mengeluhkan meningkatnya tekanan militer Beijing dalam tiga tahun terakhir.

Pekan lalu, Tiongkok menggelar latihan sehari di sekitar Taiwan sebagai unjuk marah atas kunjungan singkat wakil pemimpin Taiwan, William Lai, ke Amerika Serikat bulan ini.

Baca juga : Peringatan Keras, Tiongkok Kerahkan Pasukan Latihan Militer di Sekitar Taiwan

Kementerian pertahanan Taiwan  mengatakan pesawat Tiongkok yang terlibat aktivitas tersebut termasuk pesawat tempur Su-30 dan J-10 dan pesawat anti-kapal selam.

Menurut peta yang disediakan oleh kementerian Taiwan, sejumlah pesawat tempur dan drone disebut melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang sebelumnya merupakan batas tidak resmi antara kedua belah pihak tetapi selama setahun terakhir sering dilintasi oleh pesawat Tiongkok.

Baca juga : Cegah Invasi Tiongkok, AS Beri Paket Bantuan Militer Rp5,2 T ke Taiwan

Sebuah drone TB-001 terbang ke utara Taiwan, menuju Pasifik, menjelajahi  pantai timur pulau itu, kemudian kembali menyusuri jalur penerbangan yang sama dan kembali ke Tiongkok.

Media resmi Tiongkok menyebut TB-001 sebagai "kalajengking berekor kembar" dan memperlihatkan foto pesawat tersebut dengan rudal di bawah sayapnya serta mampu menjalankan misi di ketinggian dan jarak jauh.

Pada April, Taiwan mengatakan model drone yang sama terbang di sekitar Taiwan.

Taiwan pekan ini mengatakan tidak dapat menilai apakah latihan yang dimulai Tiongkok pada Sabtu lalu telah berakhir karena Beijing belum membuat pengumuman. Tiongkok tetap melanjutkan manuver militer di sekitar Taiwan.

Pekan ini Tiongkok mengecam Amerika Serikat karena menyetujui penjualan senjata ke Taiwan, dan pulau tersebut mengumumkan rencana menghabiskan US$3 miliar (Rp45,89 triliun) tahun depan untuk membeli senjata termasuk jet tempur.

Taiwan belum melaporkan ada pesawat militer Tiongkok terbang di wilayah udaranya, meskipun demikian Taiwan mengatakan pesawat-pesawat tersebut telah mendekati zona tambahan pulau tersebut, yang berjarak 44 km dari pantainya.

Kementerian Pertahanan Jepang pada Jumat mengaku telah mengerahkan jet tempur untuk memantau pembom dan drone angkatan udara Tiongkok yang terbang dekat pulau Okinawa di barat daya negara itu dan Taiwan. (Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat