visitaaponce.com

Usai Hong Kong, Topan Saola Landa Pantai Tiongkok

Usai Hong Kong, Topan Saola Landa Pantai Tiongkok
Topan Saola bergerak ke  Shenzhen, Hong Kong, dan Makau, setelah menerjang Guangdong, Tiongkok.(AFP)

TOPAN Saola telah melanda provinsi Guangdong, Tiongkok. Fenomena alam ini menimbulkan angin kencang yang telah menerjang Shenzhen, Hong Kong, dan Makau.

Akibatnya satu orang tewas dan menimbulkan kerusakan serta banjir di banyak wilayah. Hong Kong dan provinsi-provinsi di Tiongkok membatalkan ratusan penerbangan pada Jumat (1/9), dan menutup bisnis dan sekolah.

Topan super ini membawa angin dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam menimbulkan perintah evakuasi kepada 900 ribu di provinsi Guangdong dan Fujian.

Baca juga: Usai Dilanda Badai Idalia, 3 Warga Florida Dilaporkan Tewas

Kekuatan topan ini diturunkan ketika mendekati wilayah pesisir selatan Tiongkok bersiap pada Sabtu (2/9). Pihak berwenang Tiongkok mengatakan Saola telah mendarat di kota Zhuhai, Guangdong, dengan kecepatan angin melambat hingga sekitar 160kilometer per jam dan diperkirakan akan semakin melemah saat bergerak di sepanjang garis pantai selatan Tiongkok.

Media lokal melaporkan satu orang tewas di kota Shenzhen, Guangdong, setelah sebuah pohon tumbang dan menabrak kendaraan mereka. Operasi kereta api di Guangdong diizinkan untuk dilanjutkan secara bertahap mulai Sabtu (2/9) pukul 08:30 waktu setempat.

Baca juga: Indonesia Percepat Negosiasi Kode Etik di Laut China Selatan

Meskipun melemah, Saola akan terus mempengaruhi wilayah tersebut, kata pihak berwenang Tiongkok, karena angin kencang dan hujan. Media lokal di Shenzen melaporkan bahwa Saola telah pindah dari kota itu dan peringatan diturunkan dari topan merah menjadi peringatan hujan badai kuning.

Meskipun angin dan hujan sudah melemah, masyarakat masih disarankan untuk tetap berada di dalam rumah. Sementara di Hong Kong telah memberlakukan sinyal badai topan tertinggi sebesar 10 pada Jumat (1/9) malam, menurunkannya menjadi 8 pada Sabtu (2/9) pagi.

Observatorium cuaca di kota tersebut menyatakan bahwa kebijakan tersebut akan tetap berlaku hingga Sabtu (2/9) pukul 16.00 karena hujan lebat dan banjir masih melanda wilayah tersebut.

Pohon-pohon tumbang bertebaran di banyak jalan, terutama di pulau-pulau terpencil. Di distrik Causeway Bay yang ramai di Hong Kong, banyak papan tanda bangunan tumbang.

Sebuah taksi melaju di depan puing-puing panel pelindung toko furnitur yang sedang direnovasi yang tersapu Topan Super Saola di Causeway Bay di Hong Kong pada 2 September 2023. Di Makau, pusat perjudian terbesar di dunia, kasino diizinkan dibuka kembali mulai jam 08.00 pada Sabtu (2/9).

Haikui, topan yang tidak sekuat Saola, diperkirakan akan menghantam pantai tenggara Taiwan pada Minggu (3/9) sore dan membawa hujan lebat ke seluruh pulau hingga minggu depan.

Dua maskapai penerbangan domestik utama Taiwan membatalkan semua penerbangan pada Minggu (3/9). Pemerintah Taiwan telah memperingatkan masyarakat untuk menjauh dari pantai dan daerah pegunungan. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat