visitaaponce.com

Polri Amankan KTT ASEAN ke-43 Lewat Udara, Drone Nakal Bakal Ditindak

Polri Amankan KTT ASEAN ke-43 Lewat Udara, Drone Nakal Bakal Ditindak
Ilustrasi drone.(AFP)

POLRI memantau pergelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta yang diselenggarakan pada 5-7 September 2023 lewat udara. Pemantauan dilakukan Satgas Tindak yang di bawahnya ada Subsatgas Anti Drone.

"Polri membentuk Satgas Tindak yang di bawahnya ada Subsatgas Anti Drone guna mengamankan pergelaran KTT ASEAN melalui udara," kata Kasatgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2023 Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 September 2023.

Ramadhan menjelaskan Subsatgas Anti Drone mempunyai tugas mengamankan ruang udara dari drone-drone liar yang terbang di seputaran area pengamanan atau venue kegiatan KTT ASEAN. Subsatgas Anti Drone akan memantau pergerakan apabila ada drone yang terbang di area pengamanan dan venue KTT ASEAN, dalam radius sekitar 3 kilometer.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas KTT ASEAN, Hindari Ruas Jalan Ini Dong!

Ramadhan menegaskan Polri akan menindak drone liar itu. Tim Subsatgas Anti Drone akan memutus sinyal remote drone yang terdeteksi mendekat dalam radius yang sudah ditentukan.

"Tapi jika terus semakin mendekat maka terpaksa akan ditindak dan diturunkan dengan memutus sinyal GPS," ujar jenderal bintang satu itu.

Ramadhan menyebut ada 3-4 drone terpantau terbang mendekati radius pengamanan pada hari pertama pengamanan, Selasa, 5 September 2024. Namun, drone tersebut masih dimonitor karena tak terbang lebih dekat ke area pengamanan.

Baca juga: Dukung Pengamanan KTT ASEAN, Polri Rekayasa Arus Lalu Lintas 

"Kalau hari kedua ini belum termonitor adanya drone liar terbang di sekitaran area pengamanan," ujarnya.

Ramadhan menuturkan Subsatgas Anti Drone Polri mengamankan area ring 3 dan 4 KTT ASEAN. Sementara itu, area ring 1 dan 2 diamankan Paspampres dan TNI AU.

"Sebelum melaksanakan penugasan kita berkoordinasi dengan Paspampres dan TNI AU yang menggunakan tim anti drone dalam pengamanan KTT ASEAN. Ring 1 dan 2 diback up rekan-rekan TNI kemudian ring 3 dan 4 di-backup kami Brimob," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri itu.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat