visitaaponce.com

PBB Pastikan Dukung ASEAN Selesaikan Konflik Laut China Selatan

PBB Pastikan Dukung ASEAN Selesaikan Konflik Laut China Selatan
Sekjen PBB Antonio Guterres(AFP)


Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres memastikan pihaknya mendukung ASEAN dalam mengedepankan dialog dan juga mencari solusi dari konflik di Laut China Selatan. Ia mengatakan semua negara harus memegang pedoman hukum internasional dan konferensi PBB dalam hukum kelautan.

"Ini harus dilihat dari konteks hukum internasional dan perangkat yang paling penting adalah konferensi PBB dalam hukum kelautan," kata Guterres dalam konferensi pers di Jakarta Kamis (7/9).

Sebagaimana diketahui, Tiongkok belum lama ini mengeluarkan peta terbaru yang menunjukkan klaim sepihak atas batas-batas wilayah maritim negara tersebut. Peta tersebut pun ditolak ramai-ramain oleh negara-negara yang berbatasan di wilayah perairan.

Baca juga: Indonesia Percepat Negosiasi Kode Etik di Laut China Selatan

Tiongkok juga mengklaim sembilan garis putus-putus yang termasuk laut dari Kepulauan Paracel, yang juga diklaim Vietnam dan Taiwan, hingga Kepulauan Spratly yang disengketakan dengan Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

Tidak hanya itu, Tiongkok juga menarik garis putus-putus ke-10 pada wilayah Taiwan yang mengindikasikan sebagai zona teritorinya.

Baca juga: DPR: Indonesia Pilih 'Soft Diplomacy' dalam Tanggapi Peta Standar China 2023

Sejumlah negara telah melayangkan protes keras atas klaim yang merugikan mereka.

Pada 2020 silam, Indonesia juga dibuat murka atas pelanggaran pelanggaran Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang dilakukan kapal Tiongkok di perairan Natuna, Kepulauan Riau. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat