visitaaponce.com

Jokowi ASEAN dan Australia Miliki Kepentingan yang Sama

Jokowi: ASEAN dan Australia Miliki Kepentingan yang Sama
Presiden Joko Widodo(AFP/Ajeng Dinar)

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan, Australia dan ASEAN memiliki kepentingan dan tanggung jawab yang sama. Hal itu di antaranya ialah menjadikan Indo-Pasifik sebagai pusat pertumbuhan dunia.

"Karenanya ASEAN dan Australia sama-sama memiliki kepentingan, sama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga Indo-Pasifik tetap damai dan stabil," ujarnya saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia ke-3 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Kamis (7/9).

Presiden menambahkan, ASEAN tak hanya menganggap Australia sebagai tetangga, melainkan mitra komprehensif strategis, sekaligus penghubung dengan kawasan Pasifik.

Baca juga : Australia dan Jepang Tegaskan ASEAN adalah Prioritas Utama

Kedekatan ASEAN dan Australia juga ditandai oleh sisi perdagangan yang terbilang telah terjalin cukup baik selama ini. Bahkan nilai perdagangan kawasan dengan Negeri Kanguru lebih besar dibanding Amerika Serikat dan Jepang.

"Sehingga apapun yang terjadi di Indo-Pasifik berdampak besar bagi Australia maupun ASEAN," terang Kepala Negara.

Baca juga : PDB ASEAN Bisa Melesat ke Angka US$1 Triliun di 2030, Jika Transisi Energi Berhasil

Lebih lanjut, Jokowi, sapaan karib Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Australia terkait ASEAN Outlook on the Indo-Pacific serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo-Pacific Forum.

"Dan dengan prinsip inklusif, maka tahun ini Sekretariat ASEAN akan menjalin kerja sama dengan Sekretariat Indian Ocean Rim Association dan Pacific Island Forum. Dan ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Australia," pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat