visitaaponce.com

Paus Turunkan Senjata di Karabakh, Cari Solusi Damai Demi Kemanusiaan

Paus: Turunkan Senjata di Karabakh, Cari Solusi Damai Demi Kemanusiaan
Paus Fransiskus(AFP)

PAUS Fransiskus, pemimpin tertinggi Vatikan mendesak semua pihak untuk menurunkan senjata mereka dan mencari solusi damai di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh.

“Saya menerima berita mengkhawatirkan dari Nagorno-Karabakh… di mana situasi kemanusiaan yang sudah kritis kini diperburuk oleh bentrokan bersenjata lebih lanjut,” kata pria berusia 86 tahun itu di akhir audiensi mingguannya, pada Rabu, 20 September 2023.

Ketegangan di Kaukasus Selatan meningkat selama berbulan-bulan di Nagorno-Karabakh, wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan.

Baca juga : Dunia Berada di Ujung Perang Nuklir, Paus Serukan Perdamaian Abadi

Pada Selasa, 19 September 2023 pagi, Azerbaijan melancarkan operasi antiteroris etnis Armenia di Karabakh, sebagai tanggapan atas kematian enam orang, termasuk empat polisi, dalam dua ledakan ranjau darat.

Dalam merespons tragedi kemanusiaan itu, Paus menyeru kepada semua pihak yang terlibat dan komunitas internasional untuk menurunkan senjata mereka dan melakukan segala upaya untuk menemukan solusi damai. "Demi kebaikan rakyat dan menghormati martabat manusia,” ucap pemimpin Gereja Katolik sedunia itu.

Baca juga : Etnis Armenia Setuju Gencatan Senjata, Negosiasi dengan Azerbaijan Dijadwalkan Besok

Dalam pemberitaan terbaru, Armenia menyepakati gencatan senjata dengan Azerbaijan pada Rabu (20/9) siang. Perjanjian ini mengakhiri pertempuran dua hari di wilayah separatis Nagorno-Karabakh.

Perjanjian tersebut akan mulai berlaku pada Rabu (20/9), pukul 13.00 waktu setempat dan pembicaraan antara para pejabat Azerbaijan dan otoritas etnis Armenia di wilayah yang memisahkan diri mengenai reintegrasi ke dalam Azerbaijan dijadwalkan berlangsung pada Kamis (21/9), di kota Azerbaijan, Yevlakh.

Kesepakatan itu dicapai melalui negosiasi dengan kontingen penjaga perdamaian Rusia di wilayah tersebut. Kesepakatan lainnya berupa penarikan unit dan peralatan militer Armenia dari Nagorno-Karabakh serta melucuti senjata pasukan pertahanan lokal. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat