visitaaponce.com

16 Negara Tertua di Dunia dan Sudah Ada Mulai dari 6000 SM

16 Negara Tertua di Dunia dan Sudah Ada Mulai dari 6000 SM
Jepang(freepik)

Negara tertua di dunia merupakan cikal bakal dari peradaban yang ada saat ini. Di mana sejak tahun 6000 Sebelum Masehi lalu, sudah tercatat beberapa negara terbentuk dengan berdaulat. 

Catatan sejarah tersebut dibuat berdasarkan penemuan-penemuan dari para arkeolog dan pendapat ilmuwan dalam bidang ini. Penemuan tersebut baik berupa situs maupun benda bersejarah lain yang usianya diperkirakan sudah ribuan tahun.

Lantas, apa saja negara-negara tertua yang ada di dunia dan hingga kini masih bertahan? Simak ulasan ini sampai akhir!

Baca juga : Dekorasi Naga Sambut Tahun Baru Imlek di Malaysia

Daftar Negara Tertua di Dunia

Melihat peradaban yang semakin maju seperti saat ini, tentu kamu penasaran, negara apa sajakah yang pertama kali berkembang hingga menjadi pusat peradaban manusia? Di bawah ini informasi lengkapnya.

1. Mesir

freepik/Mesir 

Mesir termasuk salah satu negara tertua dan awalnya bernama Mesir Kuno. Terbentuknya negara ini bermula dari gerombolan pemburu yang mendatangi dan menetap di Lembah Sungai Nil, tepatnya pada tahun 6000 SM. Baru kemudian berdiri dinasti pertama di tahun 3100 Sebelum Masehi. 

Pada waktu itu, Raja Narmer yang memimpin Dinasti Mesir. Dari sejak kepemimpinannya, ia juga membangun ibu kota terletak di kota yang jaraknya tidak jauh dari Kairo Modern, yakni Memphis. 

Baca juga : Pakar Sarankan Mahasiswa LPDP Jangan Buru-Buru Pulang ke Indonesia

Pada tahun 1953 mulailah berdiri Peradaban dari Mesir Modern. Ini berlangsung sesudah Revolusi Mesir yang terjadi tahun 1952. 

2. India

India sendiri sudah ada sejak 3300 SM, dan di Lembah Indus mulai terjadi peradaban pertama. Walaupun sudah terbentuk sebelumnya, tapi berdirinya bangsa India sepenuhnya terjadi ketika periode Veda, yakni di kisaran tahun 1500 sampai 600 SM. 

Dari peradaban Veda inilah mulai muncul dasar Hindu yang pada waktu itu menggunakan tulisan Veda Kuno. Selain itu, bermunculan pula budaya-budaya yang ada di benua India dan sampai saat ini masih dilestarikan. 

Baca juga : Tiongkok dan Jepang Kirim Bantuan untuk Pengungsi Perang Sudan

Diketahui, kerajaan pertama di India telah berdiri tahun 1200 Sebelum Masehi, berlangsung sampai akhir periode Peradaban Veda.

3. Afghanistan

Afghanistan termasuk salah satu negara tertua di dunia yang ada sejak awal tahun 3000 SM lantaran berkoloni dengan Lembah Indus di India. Berkat koloni inilah, akhirnya terbentuk sebuah kota bernama Mundigak, yang lokasinya tidak jauh dari Kandahar. 

Selanjutnya peradaban yang terjadi di Afghanistan berkembang sejak mulai berdatangannya orang-orang asal Asia Tenggara dan mulai menetap hingga membaurkan budayanya. 

Baca juga : Israel Ingatkan Biden Jangan Terlalu Kritis kepada Saudi dan Mesir

4. China

Xia adalah dinasti pertama dari China yang ada sejak tahun 2070 SM sampai 1600 SM. Namun catatan tentang dinasti ini masih belum bisa dipastikan. Adapun informasi tentang kehadiran Dinasti Xia berasal dari beberapa buku sejarah. 

Berlangsungnya dinasti China sendiri sampai digantikan oleh Dinasti Qing yang berlangsung pada tahun 1912 hingga terbentuknya RRC (Republik Rakyat China) sebagai peradaban modern. 

5. Georgia

Georgia juga termasuk negara tertua lainnya di dunia. Berdirinya peradaban di Georgia dimulai dari 1500 SM ketika masa Kerajaan Beria dan Kerajaan Colchis. Di mana kedua kerajaan ini memiliki peranan penting sejak zaman Perunggu Eurasia.

Baca juga : Sinar Mas Land Rebut Dua Penghargaan di Asia Property Awards 2020

Berdirinya Kerajaan Colchis sendiri banyak disebut berasal dari mitologi Yunani, tepatnya dari cerita Bulu Domba Emas.

6. Ethiopia

Penghuni pertama Ethiopia sendiri adalah Australopithecus afarensis. Saat peradaban dimulai, selanjutnya masyarakat mendirikan kerajaan D’mt yang pertama dan berdiri pada 980 SM sampai 400 SM.

Kerajaan Aksumite menggantikan Kerajaan D’mt pada tahun 100M lalu berakhir pada 940 M. 

Baca juga : Perluas Jaringan Penerbangan Vietnam-Tiongkok, Vietjet Buka Rute Ho Chi Minh City - Chengdu

7. Yunani

Peradaban Yunani adalah peradaban paling berkembang sepanjang sejarah. Pertama kali peradaban ini mulai berkembang pada tahun 800 SM usai bangkitnya Abad Kegelapan. Ibukota Yunani sendiri adalah Athena, sebagai kota penting pada 1000 SM.

Inilah peradaban yang menghadirkan kekuasaan Ottoman, Roma, dan Byzantine. Sementara itu, sesudah Revolusi Yunani berlangsung, pada tahun 1821 dimulailah Peradaban dari Yunani Modern.

8. Jepang

Berdirinya negara Jepang sendiri dimulai sejak tahun 660 SM sesudah Kaisar Jimmu memimpin. Hanya saja, untuk kaisar pertama di negara Jepang ini belum diketahui pastinya. Selain itu, sejarawan mencatat bahwa banyak orang mulai berdatangan di Jepang pada tahun 13000 SM dari kawasan Daratan Asia. 

Baca juga : Waduh! 5,5 Ton Air Radioaktif Pembangkit Nuklir Fukushima Bocor

Walaupun sebagian menganggap bahwa cerita dari Kaisar Jimmu ini mitos, namun mereka tetap merayakan kenaikan dari Kaisar Jimmu di tahun 660 Sebelum Masehi, tepatnya pada bulan Februari tahun 660 SSM. 

9. Iran

Berdirinya Iran Kuno atau Persia diperkirakan sejak tahun 550 SM, yaitu saat kepemimpinan Kekaisaran Achaemenid Cyrus II. Inilah kekaisaran yang telah berhasil menaklukkan beberapa kerajaan, seperti Babilonia, Median dan Lidia. 

Namun sebelum kekaisaran tersebut muncul, sudah ada orang-orang yang menetap di daerah untuk selanjutnya menjadi Iran. 

Baca juga : Tiongkok-Rusia Sebut Amerika Kacaukan Timur Tengah

10. San Marino

Negara yang juga mendapat julukan kota tertua ini juga merupakan salah satu negara berdaulat yang paling awal berdiri. Hal ini lantaran San Marino sudah menjadi sebuah negara berdaulat dari sejak tahun 301M. 

Di mana negara San Marino ini sudah didirikan secara resmi dari 3 September 301 M saat pembangunan gereja yang ada di Monte Titano. Ini adalah sebuah negara yang sangat Makmur berkat sektor perekonomiannya yang maju. 

11. Vietnam 

Negara Vietnam sendiri telah berdiri dari tahun 2879 SM. Penemuan sisa-sisa dari dua hominin merupakan bukti sejarah Vietnam saat penggalian tahun 1965. 
Berdasarkan penemuan tersebut menunjukkan jika Vietnam Prasejarah telah hadir sejak 1,5 juta tahun lalu.

Baca juga : Jepang Tersungkur di Hadapan Iran

12. Armenia

Negara tertua di dunia lainnya adalah Armenia yang menurut sejarahnya telah ada dari 3.500 lebih tahun lalu. Walaupun begitu, negara Armenia baru berdiri secara berdaulat sejak tahun 782 Sebelum Masehi.

Kawasan negara Armenia ini membentang mulai dari Laut Hitam lewat Laut Kaspia serta Mediterania menuju Danau Urmia. Agama Kristen adalah agama yang diterima pertama kali oleh penduduk di Armenia dan dijadikan agama negara tahun 301 M. 

13. Korea

Korea Selatan dan Korea Utara merupakan bagian dari Semenanjung Korea, dan mempunyai sejarah yang tercatat diperkirakan telah 5.000 tahun lamanya. 
Korea dikenal pertama kali sebagai Gojoseon mulai dari 2333 SM – 108 SM.

Baca juga : Tiongkok Minta Pihak yang Bertikai di Timur Tengah Menahan Diri

14. Tiongkok

Negara tertua di dunia lainnya adalah Tiongkok. Alasannya, peradaban paling awal di Tiongkok yaitu di zaman Dinasti Shang yang berlangsung sekitar 1700 SM – 1046 SM. Pada masa periode inilah praktik dari suksesi dinasti mulai diterapkan.

Beberapa situs juga menunjukkan adanya penggalian yang terjadi di abad ke-20, sebagaimana catatan para sejarawan. 

15. Sudan 

Negara Sudan sudah ada sejak 1070 SM yang didirikan pertama kali oleh Muhammjad Ahmad bin Abd Allah Al-Mahdi dan menduduki ibu kota Khartoum. Menurut catatan sejarahnya, Republik Sudan telah ada dari 3.000 tahun lalu.

Baca juga : Kalahkan Vietnam, Indonesia Naik Ke Peringkat 142 Dunia

Pihak penelitian arkeologi bahkna menunjukkan jika pada abad millennium ke-8 dan Sebelum Masehi, sudah ada masyarakat di tahap evolusi budaya akhir yang menetap di negara ini. 

Pasalnya orang-orang tersebut berada di dalam komunitas bata lumpur kuat, dan bertahan hidup berkat kemampuan berburunya, mengumpulkan biji-bijian, menggembala ternak dan memancing.

16. Irlandia 

Irlandia juga termasuk salah satu negara tertua yang sudah ada sejak tahun 600 SM. Adapun pendiri negara ini adalah Bangsa celtic dan beribukota di Dublin. Republik Irlandia sendiri sudah bertahan hingga berabad-abad lamanya dari perang saudara, kelaparan brutal, persatuan, kemerdekaan hingga viking. 

Baca juga : Impor Nonmigas RI Paling Banyak dari Tiongkok dan Jepang. Apa Saja? 

Jadi, enam belas negara di atas disebut-sebut sebagai negara tertua yang menurut catatan sejarah sudah berdiri sejak ribuan tahun lalu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat