visitaaponce.com

Ronaldo Jadi Pemain Paling Banyak Tampil di Euro, Seberapa Besar Pengaruhnya di Ruang Ganti Portugal

Ronaldo Jadi Pemain Paling Banyak Tampil di Euro, Seberapa Besar Pengaruhnya di Ruang Ganti Portugal?
pemain timnas Portugal Cristiano Roanaldo(AFP)

BINTANG Portugal Cristiano Ronaldo menjadi nama teratas yang menghuni daftar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bermain di Piala Eropa

Ronaldo jadi bagian tim dalam Piala Eropa bersama Portugal untuk keenam kalinya. Partai pertama Grup F yang mempertemukan Portugal vs Republik Ceko, Rabu (19/6) dini hari tadi menjadi pertandingan ke-26 pemain berusia 39 tahun itu. 

Rekan senegaranya Bernardo Silva pernah menjelaskan bagaimana pentingnya Ronaldo sebagai pemain saat di ruang ganti sesaat sebelum pertandingan atau saat jeda. 

Baca juga : Ronaldo Pede Portugal Bisa ke Final EURO 2024

Gelandang Manchester City itu menyangkal bahwa Ronaldo yang memberi perintah ke pemain, bukan pelatih tim seperti anggapan sejumlah orang. Namun, kekuatan sang penyerang di ruang ganti tidak diragukan. 

"Dia menunjukkan kepribadian yang hebat di dalam ruang ganti. Dia sangat membantu kami dalam perannya dan sikapnya sangat baik," kata Bernandp Silva.

Hal serupa disampaikan pelatih Roberto Martinez. Mantan pelatih Belgia itu menilai Ronaldo akan membuat banyak perbedaan di ruang ganti. Saat berada di lapangan, tak ada bek-bek lawan yang meremehkannya.

Baca juga : Piala Eropa: Cristiano Ronaldo Berambisi Ulangi Kejayaan Edisi 2016

"Pengalamannya sangat penting di ruang ganti, tapi kami tahu akan ada masa-masa sulit selama turnamen," kata Martinez.

"Saya menghadapi Ronaldo saat melatih Everton pada tahun 2013. Sungguh luar biasa ketika pemain seusianya mempunyai kebiasaan dan keinginan seperti pemain berusia 18 tahun. Dia memiliki pola pikir dan tidak ada batasan. Dia telah bersama tim nasional selama 20 tahun sekarang. Itu unik," lanjutnya. 

Mantan bintang Manchester United itu pernah mengatakan kepada Martinez bahwa tujuannya adalah mencapai 250 caps untuk Portugal. Dia saat ini memiliki 208. 

Baca juga : Cristiano Ronaldo dan Pepe Berpeluang Pecahkan Rekor Sebagai Pencetak Gol Tertua Piala Eropa

Namun, untuk mencapai hal tersebut, dia harus menghadapi kritik yang semakin meningkat dari para penggemar di negaranya yang percaya bahwa Portugal akan tampil lebih baik tanpanya.
“Sejujurnya, saya yakin dampaknya akan jauh lebih besar jika dimainkan dari bangku cadangan," kata Sofia Oliveira, pakar sepak bola untuk CNN Portugal, DAZN Portugal dan radio TSF, mengatakan kepada BBC Sport.

"Yang saya maksud adalah performanya secara keseluruhan karena yang sering kita lihat adalah Ronaldo bermain sebanyak mungkin dan akhirnya mencetak gol, namun, jika kita melihat penampilannya secara detail, jumlah aksi negatifnya lebih tinggi dibandingkan aksi positifnya," lanjutnya.

Dari tiga pertandingan persiapan Piala Eropa 2024, Ronaldo hanya ambil bagian dalam kemenangan saat kemenangan 3-0 melawan Republik Irlandia dan dia menerima beberapa pujian. Tidak hanya karena dua golnya tetapi juga karena sikapnya sebagai pemain tim di lapangan. "Terlepas dari apakah saya bermain atau tidak, saya akan menghormati keputusan pelatih," kata Ronaldo usai pertandingan melawan Irlandia.

Martinez menolak untuk terlibat dalam diskusi mengenai situasi penyerang Al-Nassr tersebut di dalam tim. Dia malah mengklaim bahwa Portugal “siap untuk menang tanpa dia”. (BBC/P-5)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat