visitaaponce.com

Pakar Sarankan Mahasiswa LPDP Jangan Buru-Buru Pulang ke Indonesia

Pakar Sarankan Mahasiswa LPDP Jangan Buru-Buru Pulang ke Indonesia
Kepala Institute for Advanced Studies in Economics and Business, FEB UI Turro Wongkaren (kanan) memaparkan materinya(MI/SUMARYANTO BRONTO)

KEPALA Institute for Advanced Studies in Economics and Business Universitas Indonesia Turro Wongkaren mengatakan sebaiknya mahasiswa penerima beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang kini tengah menimba ilmu di luar negeri jangan buru-buru pulang ke Indonesia.

Hal itu, kata Turro, akan berdampak dalam jangka panjang untuk membangun jaringan dan kerja sama dengan negara di mana mahasiswa tersebut menimba ilmu. Dia menilai selama ini, hanya Indonesia satu-satunya negara besar di Asia yang tidak memiliki jaringan kerja sama dalam bidang apa pun.

“Saya lihat Indonesia satu-satunya negara besar yang tidak punya jaringan ekonomi, sosial, segala macam. Karena mahasiswa kita begitu selesai, langsung pulang. Sementara mahasiswa (dari negara lain), tinggal di sana. Lalu kita khawatir nanti mahasiswa kita lupa Indonesia. Tidak. Tidak akan. Jepang itu setelah sekian lama, kembali ke negaranya, orang Korea, Singapura, Tiongkok. Meski mereka rata-rata sudah menikah dengan warga negara sana, tetapi mereka tetap kembali ke negara asalnya,” kata Turro dalam diskusi ‘Bonus Demografi dan Harapan Menuju Indonesia Maju’ di Kantor Media Indonesia, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (10/8).

Baca juga: Presiden Minta Penerima Beasiswa LPDP Berkontribusi Memajukan Indonesia

“Begitu pula dengan mahasiswa kita, ketika mereka diberikan kesempatan untuk berkembang di luar, meski sudah bertahun-tahun di negeri orang, mereka akan dengan senang hati membantu sumber daya manusia kita di Indonesia. Ada orang Indonesia ingin membuka pasar, misalnya, mahasiswa kita di sana yang tahu pasar apa yang menarik di negara tersebut, target pasarnya bagaimana. Mereka yang tahu. Jadi itu penting untuk jangka panjang. Kemarin Pak Presiden Jokowi bilang kalau sudah selesai kuliah lalu pulang, ya jangan, saya agak berbeda pendapatnya dengan Pak Jokowi soal itu ya,” imbuhnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo, menekankan agar mahasiswa LPDP yang telah selesai menamatkan studi di luar negeri untuk segera pulang. Ia mengimbau agar para mahasiswa tersebut menyumbangkan ilmu mereka untuk membangun Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa LPDP Diminta Berkarya di Indonesia, Jokowi: Pulang!

“Setelah selesai studi, pulang, berkaryalah. Ilmu jangan diendapkan untuk diri sendiri. Pulang! Pulang! Pulang!" serunya, Kamis (3/8). (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat