visitaaponce.com

Presiden Korea Selatan Akan Melakukan Kunjungan Negara ke Inggris

Presiden Korea Selatan Akan Melakukan Kunjungan Negara ke Inggris
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, akan segera melakukan kunjungan kenegaraan ke Britania Raya, November, atas undangan Raja Charles.(AFP)

BUCKINGHAM Palace mengumumkan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, akan segera melakukan kunjungan kenegaraan ke Britania Raya pada November mendatang. Kunjungan itu atas undangan dari Raja Charles III.

Kunjungan ini akan menjadikan Yoon sebagai pemimpin asing kedua yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris sejak Charles naik tahta pada September tahun lalu, menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II, yang telah meninggal dunia. Sebelumnya, Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, melakukan kunjungan serupa pada bulan November tahun lalu.

Kunjungan ini akan berlangsung di Buckingham Palace, tempat Raja Charles, 74, dan Ratu Camilla, 76, akan menjadi tuan rumah bagi Presiden Yoon, 62, dan istrinya, Kim Keon Hee, 51. Namun, tanggal pasti untuk kunjungan ini belum diumumkan.

Baca juga : Ratu Camilla Berbagi Kabar Baik tentang Kesehatan Raja Charles yang Sedang Berjuang Melawan Kanker

Selama kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat pada bulan April, Presiden Korea Selatan mendapatkan perhatian global ketika ia secara tiba-tiba menyanyikan lagu favoritnya, "American Pie", saat sebuah acara makan malam di Gedung Putih, atas permintaan dari Presiden AS, Joe Biden.

Meskipun begitu, kemungkinan besar hal serupa tidak akan terjadi di London. Pesta kenegaraan di ruang besar Buckingham Palace biasanya lebih formal dengan pidato, ucapan selamat, dan jamuan makan formal. Biasanya, sebuah orkestra menyediakan musik latar untuk acara semacam ini, yang biasanya dihadiri oleh lebih dari 160 tamu.

Sebelumnya, Charles dan Yoon telah bertemu di resepsi untuk kepala negara dan tamu resmi dari luar negeri di istana pada malam sebelum pemakaman ibu Ratu yang telah meninggal.

Baca juga : Pangeran Harry Terbang ke London Menjenguk Raja Charles III Usai Diagnosa Kanker

Presiden Korea Selatan, yang berasal dari kalangan konservatif, sebelumnya dituduh lawan-lawannya sebagai tidak menghormati selama kunjungannya tersebut, karena ia melewatkan kesempatan untuk melihat peti mati ibu ratu yang sedang dalam keadaan terbuka. Namun, Yoon menyalahkan kemacetan lalu lintas sebagai alasan absennya.

Selain itu, Presiden ini pernah memicu kontroversi tahun lalu setelah tertangkap kamera mengucapkan kata-kata kasar dan membuat komentar merendahkan tentang anggota parlemen AS setelah berbicara dengan Biden di Sidang Umum PBB. Video tersebut menjadi viral di Korea Selatan.

Perlu diingat bahwa Yoon, yang hanya memenangkan pemilihan presiden dengan selisih tipis pada Maret tahun lalu, secara konstitusional dilarang menjabat lebih dari satu periode, dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2027 mendatang. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat