visitaaponce.com

HRW Kapan Negara-negara Barat akan Membuka Mata

HRW: Kapan Negara-negara Barat akan Membuka Mata?
Rumah sakit Ahli Arab di Gaza yang dibom oleh pasukan militer Israel, Rabu (18/10/2023)(AFP)

Human Rights Watch (HRW) mengatakan, pengeboman Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Gaza merupakan kejahatan perang luar biasa yang dilakukan Israel. Menurut mereka, serangan ini menambah panjang daftar kekerasan yang dilakukan Negeri Zionis itu.

"Kapan negara-negara Barat akan membuka mata mereka dan menekan sekutu mereka untuk menghentikan pertumpahan darah ini?" kata Direktur Komunikasi MENA untuk HRW Ahmed Benchemsi.

Lebih dari 500 orang tewas dalam serangan udara Israel di rumah sakit tersebut pada Selasa malam, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra.

Baca juga: Abbas Desak Israel Sudahi Kebiadabannya di Palestina

Hal ini terjadi pada hari ke-11 konflik, dengan semakin banyaknya kelompok non-pemerintah dan pemimpin dunia yang mengatakan bahwa kampanye pemboman Israel di Jalur Gaza yang terkepung termasuk fasilitas layanan kesehatan, rumah, dan rumah ibadah melanggar hukum internasional.

Kelompok Palestina, Hamas, menyebut penargetan rumah sakit tersebut sebagai tindakan genosida. Hilangnya banyak nyawa warga sipil yang segera mengobarkan konflik di wilayah tersebut.

Baca juga: Pesepak Bola Eric Cantona Bela Hak Asasi Palestina

Pihak berwenang menyalahkan serangan udara Israel, namun pernyataan tersebut dibantah oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yang menyalahkan roket yang ditembakkan oleh faksi bersenjata Palestina.

Besarnya skala serangan yang dilaporkan meningkatkan kekhawatiran bahwa perang Gaza akan segera meluas ke wilayah lain termasuk Lebanon selatan, tempat Hizbullah, milisi Lebanon yang didukung Iran, telah terlibat baku tembak dengan Israel dalam beberapa hari terakhir.

(Anadolu/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat