Muhammadiyah Terjebak Klaim Ahlussunnah Tuduh Syiah tidak Bikin Rumah Sakit
![Muhammadiyah: Terjebak Klaim Ahlussunnah Tuduh Syiah tidak Bikin Rumah Sakit](https://disk.mediaindonesia.com/thumbs/800x467/news/2024/07/226db9fbbda819fcc6f8abc492b68d13.jpg)
MUHAMMADIYAH meminta para mubalig dan warganya tidak terjebak atau ikutan larut dalam perdebatan internal terkait saling mengklaim sebagai ahlussunnah dan menuduh syiah kepada yang lain.
Berkaca dari kasus yang terjadi di kawasan Timur Tengah, meski sama-sama Arab dan beragama Islam, mereka pecah dan sulit disatukan disebabkan perbedaan pandangan keagamaan.
"Kalau Muhammadiyah masuk dalam pertikaian tentang istilah ini, tidak jadi kita bikin rumah sakit. Habis energi kita untuk bertikai secara internal," ungkap Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal, pada Sabtu (22/6), dilansir dari Muhammadiyah.or.id.
Baca juga : Akidah Iman kepada Allah Ada tanpa Tempat
Alumnus Arab Saudi itu menjelaskan di masa sekarang terkadang perdebatan tidak lagi tentang pelaksanaan sunah, tetapi lebih kepada sensitivitas golongan alias sosiologis dan psikologis yang ditampakkan melalui simbol-simbol dangkal.
Perbedaan beberapa pandangan disebabkan oleh pendekatan yang digunakan. Pandangan Muhammadiyah, kata Fathur, antara ilmu agama dengan sains merupakan dua hal yang saling menopang bukan saling kontradiktif.
Merujuk pendapat dari Imam Ibnu Hazm, ahlussunnah ialah mereka ahlul haq yaitu lawan dari ahlul bidah. Namun, yang perlu dicatat ialah tidak setiap persoalan khilafiyah dalam agama otomatis bidah.
Baca juga : Muhammadiyah Tolak Disamakan dengan Salafi, ini Sembilan Perbedaannya
Di antara perbedaan-perbedaan definisi bidah seperti hadiah pahala bagi orang yang meninggal. Kata Fathur, mubalig dan warga Muhammadiyah tidak boleh gamang dalam pelaksanaan agama Islam.
Soalnya, terdapat berbagai pandangan yang disampaikan oleh ulama besar dunia, misalnya Imam Syafii yang cenderung menerima tradisi tersebut dan Imam Hambali yang menolak tradisi keagamaan tersebut.
"Termasuk orang qunut itu juga bukan bidah. Itu persoalan khilafiyah. Beberapa teman saya yang baru pulang dari Madinah yang masih kurang jauh ngopinya di awal-awal mengharamkan qunut, tetapi semakin ke sini tidak mengapa qunut," katanya.
Baca juga: Upaya Muhammadiyah Menjaga Masjidnya dari Salafi
Fathurrahman berseloroh untuk mengajak para mubalig yang mudah membidahkan yang lain untuk ngopi. Pasalnya, dia memandang saat ini terjadi surplus bidah, bukan karena persoalan dalil tetapi kurang luas radius pergaulan dan bacaan. (Z-2)
Terkini Lainnya
Mengenal 20 Sifat Wajib Allah serta Arti, Dalil, dan Lagunya
Tafsir Thaha Ayat 5: Sifat Istawa Allah atas Arsy
Akidah Iman kepada Allah Ada tanpa Tempat
Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 35 tentang Wasilah dan Tawasul
Tafsir Adz-Dzariyat Ayat 47: Allah tidak Punya Tangan
Dua Serangan Udara Israel Hantam Libanon Lukai 14 Orang
Komandan Hizbullah Termasuk 10 Orang Tewas dalam Serangan Israel di Libanon
ISIS Rilis Serangan Maut di Suriah setelah Irak, Afghanistan, Iran
Rudal Israel Hantam Damaskus, Bidik Markas Milisi Iran di Suriah
Perbatasan Libanon Tenang saat Gencatan Senjata Israel-Hamas Berlaku
Setelah Menang Presiden, Pezeshkian Kini Menghadapi Jalan Terjal
Grand Sheikh Al Azhar: Historis dan Misi Perdamaian Dunia
Kiprah Politik Perempuan dalam Pusaran Badai
Program Dokter Asing: Kebutuhan atau Kebingungan?
Pancasila, Perempuan, dan Planet
Eskalasi Harga Pangan Tengah Tahun
Polresta Malang Kota dan Kick Andy Foundation Serahkan 37 Kaki Palsu
Turnamen Golf Daikin Jadi Ajang Himpun Dukungan Pencegahan Anak Stunting
Kolaborasi RS Siloam, Telkomsel, dan BenihBaik Gelar Medical Check Up Gratis untuk Veteran
Ulang Tahun, D'Cost Donasi ke 17 Panti Asuhan Melalui BenihBaik.com
Informasi
Rubrikasi
Opini
Ekonomi
Humaniora
Olahraga
Weekend
Video
Sitemap