visitaaponce.com

Turuti Perintah AS, Israel Tunda Invasi ke Gaza

Turuti Perintah AS, Israel Tunda Invasi ke Gaza
Personel militer Israel melakukan patroli di perbatasan dengan Jalur Gaza(AFP/JACK GUEZ)

ISRAEL telah menunda invasi ke Jalur Gaza, Palestina, sesuai arahan Amerika Serikat (AS). Washington akan memberikan sejumlah persenjataan kepada 'Negeri Zionis' itu untuk meningkatkan kemampuan mereka menumpas kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, Hamas.

Para pejabat AS, sejauh ini, telah membujuk Israel untuk menunda sampai sistem pertahanan udara AS dapat ditempatkan di wilayah tersebut, paling lambat akhir pekan ini.

Dalam perencanaannya, Israel juga mempertimbangkan upaya untuk memasok bantuan kemanusiaan di Gaza, serta langkah diplomatik untuk membebaskan sandera yang ditahan Hamas. Ancaman terhadap pasukan AS menjadi dasar penundaan invasi darat Israel ke Gaza.

Baca juga: Jadi Ketua DPR AS, Mike Johnson Beri Israel Hadiah

Washington berupaya mengerahkan hampir selusin sistem pertahanan udara, termasuk untuk pasukannya yang bertugas di Irak, Yordania, Kuwait, Yordania, Arab Saudi, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

Militer AS dan pejabat lainnya yakin pasukan mereka akan menjadi sasaran kelompok militan jika Israel melancarkan invasi darat ke wilayah Palestina yang dikuasai Hamas.

Washington menyarankan Israel untuk menunda serangan darat ke Jalur Gaza dan terus memberi tahu Qatar, perantara dengan Hamas, untuk membebaskan lebih banyak sandera.

Baca juga: Benjamin Netanyahu Akui Harus Bertanggung Jawab Terkait Serangan Hamas ke Israel

Pentagon berencana mengirim dua sistem pertahanan rudal Iron Dome ke Israel untuk membantu negara itu mempertahankan diri dari rudal yang masuk, dan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) serta batalion sistem rudal pertahanan udara Patriot tambahan ke Timur Tengah. (CNA/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat