visitaaponce.com

Pendeta Spanyol Lecehkan Lebih dari 200.000 Anak sejak 1940

Pendeta Spanyol Lecehkan Lebih dari 200.000 Anak sejak 1940
Angel Gabilondo.(AFP/Javier Soriano.)

LEBIH dari 200.000 anak di bawah umur diperkirakan mengalami pelecehan seksual di Spanyol oleh pendeta Katolik Roma sejak 1940. Ini menurut komisi independen yang diterbitkan pada Jumat (27/10).

Laporan tersebut tidak memberikan angka spesifik. Namun jajak pendapat terhadap lebih dari 8.000 orang menemukan bahwa 0,6% dari populasi orang dewasa Spanyol yang berjumlah sekitar 39 juta orang mengatakan mereka pernah mengalami pelecehan seksual oleh anggota pendeta ketika mereka masih anak-anak.

Persentasenya meningkat menjadi 1,13%--atau lebih dari 400.000 orang--jika termasuk pelecehan yang dilakukan oleh anggota awam. Ini disampaikan Ombudsman Nasional Spanyol Angel Gabilondo pada konferensi pers yang diadakan untuk menyajikan temuan laporan tersebut.

Baca juga: Pengadilan Argentina Membebaskan Biarawati dalam Kasus Pelecehan Seks Anak-Anak Tuli

Pengungkapan di Spanyol itu menjadi yang terbaru mengguncang Gereja Katolik Roma setelah serangkaian skandal pelecehan seksual di seluruh dunia, yang seringkali melibatkan anak-anak, selama 20 tahun terakhir. Namun, tidak seperti negara-negara lain, di Spanyol--negara yang secara tradisional beragama Katolik dan kini menjadi sangat sekuler--tuduhan pelecehan yang dilakukan oleh para pendeta kini semakin mendapat perhatian yang mengarah pada tuduhan dari para penyintas yang tidak melakukan apa-apa.

"Sayangnya, selama bertahun-tahun ada keinginan tertentu untuk menyangkal pelanggaran atau keinginan untuk menyembunyikan atau melindungi para pelaku," kata Gabilondo, mantan menteri pendidikan.

Baca juga: Gereja Katolik Prancis Temukan 216.000 Korban Pelecehan Seksual dari 1950

Laporan tersebut mengkritik sikap Gereja Katolik dan menyebut tanggapannya terhadap kasus pelecehan anak yang melibatkan pendeta tidak memadai. Mereka merekomendasikan pembentukan dana negara untuk membayar ganti rugi kepada para korban.

Kantor perlindungan anak 

Tepat sebelum laporan tersebut dipresentasikan di parlemen, konferensi para uskup Spanyol mengatakan akan mengadakan pertemuan luar biasa pada Senin untuk membahas temuan-temuan tersebut. Parlemen Spanyol pada Maret 2022 dengan suara bulat menyetujui pembentukan komisi independen yang dipimpin oleh ombudsman negara tersebut untuk menjelaskan tuduhan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki dan perempuan yang tidak berdaya di dalam Gereja Katolik.

Baca juga: 3.200 Pedofil Beroperasi di Gereja Prancis sejak 1950

Gereja Katolik Spanyol, yang selama bertahun-tahun dengan tegas menolak melakukan penyelidikan sendiri, menolak mengambil bagian dalam penyelidikan independen. Meskipun demikian, mereka bekerja sama dengan memberikan dokumen mengenai kasus-kasus pelecehan seksual yang dikumpulkan oleh keuskupan.

Namun ketika tekanan politik meningkat, mereka menugaskan firma hukum swasta pada Februari 2022 untuk melakukan audit terhadap pelecehan seksual di masa lalu dan saat ini yang dilakukan oleh pendeta, guru, dan pihak lain yang terkait dengan Gereja, yang harus diselesaikan pada akhir tahun ini.

Baca juga: Catatan Kelam Pelecehan Seksual Anak di Berbagai Gereja Katolik

Gereja Spanyol mengatakan pada Juni bahwa mereka telah menemukan 927 kasus pelecehan anak melalui prosedur pengaduan yang diluncurkan pada 2020. Mereka berpendapat bahwa mereka telah menetapkan protokol untuk menangani pelecehan seksual dan telah mendirikan kantor perlindungan anak di keuskupan.

Puncak gunung es

Namun, penyelidikan yang dilakukan oleh surat kabar harian terlaris El Pais yang dimulai pada 2018 mengungkap 2.206 korban dan 1.036 tersangka pelaku kekerasan sejak 1927. "Menurut para ahli, ini hanyalah puncak gunung es," tulis surat kabar tersebut pada Jumat sebelum laporan tersebut diterbitkan.

Krisis pelecehan di Gereja meledak ke panggung internasional pada 2002 ketika surat kabar Boston Globe mengungkapkan bahwa para pendeta melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak selama beberapa dekade dan para pemimpin gereja menutupinya. Pola pelecehan terhadap anak-anak yang meluas kemudian dilaporkan terjadi di Amerika Serikat dan Eropa, Cile dan Australia, melemahkan otoritas moral dari 1,3 miliar anggota Gereja dan berdampak buruk pada keanggotaannya.

Komisi independen di negara tetangga Prancis menyimpulkan pada 2021 bahwa sekitar 216.000 anak--sebagian besar laki-laki--menjadi korban pelecehan seksual oleh pendeta sejak 1950. Di Jerman, suatu penelitian menemukan 3.677 kasus pelecehan antara 1946 dan 2014. Di Irlandia lebih dari 14.500 orang menerima kompensasi melalui skema pemerintah bagi mereka yang mengalami pelecehan di fasilitas remaja yang dikelola oleh Gereja Katolik. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat