visitaaponce.com

AS Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah

AS Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah
Ilustrasi--Kapal selam nuklir kelas Ohio milik Amerika Serikat(AFP/YONHAP)

ANGKATAN Laut Amerika Serikat (AS) telah mengirim kapal selam nuklir ke Timur Tengah. Keputusan sekutu utama Israel ini terjadi di tengah kekhawatiran dunia terhadap genosida di Jalur Gaza.

“Pada 5 November 2023, sebuah kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS,” kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Minggu (5/11) malam, di X.

Sejak kelompok pejuang Palestina, Hamas, melancarkan Operasi Banjir Al-Aqsa melawan Israel pada 7 Oktober, AS telah mengirim dua kapal induk ke wilayah tersebut. 

Baca juga: Hamas Sebut Israel Mengebomi Wilayah Sekitar Rumah Sakit di Jalur Gaza

Terpisah, rencana TNI untuk mengirim kapal rumah sakit ke Palestina, sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, mendapat dukungan penuh Anggota Komisi 1 DPR RI Sukamta.

Menurutnya, rencana itu merupakan bukti keberanian luar biasa yang dimiliki oleh TNI untuk mendukung tindakan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan warga Jalur Gaza. 

Kondisi layanan kesehatan di Jalur Gaza hampir lumpuh karena minim obat-obatan, sarana rumah sakit hancur, tenaga medis banyak yang menjadi korban.

Baca juga: Jadi Korban Bom Fosfor Israel, Libanon Mengadu ke PBB

"Sementara setiap hari ratusan meninggal dunia dan ribuan terluka akibat pengeboman yang membabi buta oleh pihak Israel. Oleh sebab itu bantuan berupa pengiriman kapal rumah sakit yang akan dilakukan oleh TNI adalah langkah yang sangat tepat dan perlu dilakukan segera," katanya dalam keterangan resmi, Senin (6/11).

Sukamta menyatakan pengiriman kapal rumah sakit TNI akan mendorong banyak negara juga akan melakukan tindakan yang lebih berani menembus pembatasan akses bantuan kemanusiaan. Semakin cepat pengiriman kapal rumah sakit ini dilaksanakan tentu semakin baik dalam rangka menolong warga Jalur Gaza.

Lebih lanjut, Sukamta meminta kementerian luar negeri bisa melobi ke pemerintah Mesir dan beberapa pihak terkait untuk memudahkan akses kapal rumah sakit menuju perairan Jalur Gaza. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat