visitaaponce.com

Jokowi Apresiasi Pembentukan ASEAN Caucus

Jokowi Apresiasi Pembentukan ASEAN Caucus
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti KTT APEC.(BPMI Setpres)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo menyambut baik pembentukan ASEAN Caucus dalam Dewan Penasihat Bisnis APEC. Hal itu disampaikan Menlu saat mendampingi Kepala Negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco, Rabu (15/11).

"Pak Presiden menyambut baik. ASEAN Caucus ini diinisiasi pendiriannya oleh Indonesia selama keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Retno, Kamis (16/11).

Ia menjelaskan tujuan dibentuknya ASEAN Caucus adalah supaya negara-negara di kawasan lebih solid terutama dalam Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Baca juga: Indonesia – Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kemitraan Menjadi Comprehensive Strategic Partnership

Ada tiga bidang penting yang akan difokuskan dalam ASEAN Caucus. Pertama percepatan transisi energi, kedua pencapaian netralitas karbon, ketiga pembayaran digital lintas negara.

"Pak Presiden menyampaikan kepada seluruh anggota untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk menjaga kepentingan ASEAN di APEC dan terwujudnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Ini sejalan dengan salah satu subtema dari keketuaan Indonesia di ASEAN, ASEAN is epicentrum of growth," papar Menlu. (Z-11)

Baca juga: JK Sebut Kepemimpinan Jokowi Bagus di Periode Pertama, Menurun di Periode Kedua

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat