visitaaponce.com

Jokowi Tegaskan Pentingnya Menjaga Perdamaian di Kawasan Pasifik

Jokowi Tegaskan Pentingnya Menjaga Perdamaian di Kawasan Pasifik
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan trilateral bersama Perdana Menteri Papua Nugini James Marape dan Perdana Menteri Fiji Sitiveni.(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan trilateral bersama Perdana Menteri Papua Nugini James Marape dan Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka. Pertemuan tersebut dilakukan di sela penyelenggaraan KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11) waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

“Saya tegaskan kembali, Indonesia berkomitmen kuat menjadikan Kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Yakin Investor Asing segera Masuk ke IKN

Kepala Negara mengatakan pertemuan antarketiga negara tersebut mencerminkan hubungan persaudaraan yang erat antarsesama negara pasifik. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) yang telah menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dalam sejumlah pertemuan.

“Saya juga ikuti dari dekat pelaksanaan KTT MSG dan KTT PIF. Saya mengapresiasi posisi MSG dan PIF yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: Jokowi Ajak Investor Asing Agresif Berinvestasi di Indonesia

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan Indonesia juga berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan MSG dan PIF melalui sejumlah kerja sama yang nyata.

“Komitmen ini telah ditunjukkan oleh Indonesia dalam berbagai kesempatan, antara lain mengundang PIF di KTT G20 dan KTT ASEAN. Indonesia telah berhasil mendorong terjadinya kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan PIF,” ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Ia berharap Indonesia bisa menjadi mitra dalam pembangunan MSG dan PIF ke depan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat