visitaaponce.com

Kemenlu Siapkan Evakuasi Tiga Relawan WNI di Gaza, dari Utara ke Selatan

Kemenlu Siapkan Evakuasi Tiga Relawan WNI di Gaza, dari Utara ke Selatan
Ketiga relawan MER-C di Gaza, yakni  Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanjabil Al Ayubi.(MER-C)

SETELAH mendapatkan kepastian mengenai keberadaan tiga WNI yang tersisa di Gaza, Palestina, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengatakan, mereka sedang bersiap evakuasi.
 
“Ketiga WNI relawan itu sedang bersiap untuk evakuasi ke Gaza Selatan,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal, Rabu,22 November 2023.
 
Sebelumnya beredar kabar bahwa dua dari tiga WNI relawan di Rumah Sakit Indonesia ditangkap Israel. Kabar tersebut disampaikan koresponden Palestina Today.
 

Tiga WNI yang menjadi relawan MER-C di Gaza telah memutuskan untuk tidak ikut dievakuasi ke Tanah Air. Mereka terus bertahan di Gaza, Palestina untuk membantu operasional Rumah Sakit Indonesia.

Namun, Iqbal mengatakan, ketiganya dalam kondisi baik. “Kemenlu telah memverifikasi langsung berita mengenai penangkapan 2 WNI relawan di RS Indonesia oleh IDF (militer Israel),” serunya.

Baca juga : Ayah Relawan MER-C di Gaza Beri Pesan Menyentuh


Menurut sumber langsung di Gaza, ketiga WNI relawan saat ini dalam kondisi baik dan masih berada di RS Indonesia, sebut Kemenlu.

Dalam pernyataan resminya, malam ini, Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad mengaku lega setelah mendengar suara salah satu relawannya di Gaza, Reza Aldilla Kurniawan. Ini kali pertama ia berkomunikasi dengan relawan MER-C setelah 11 hari hilang kontak.

Kegembiraan makin terasa, usai ketiga relawan MER-C di Gaza, yakni  Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanjabil Al Ayubi dikabarkan aman. Mereka saat ini berada di Rumah Sakit Indonesia (RSI) Gaza.

"Kami dapat berkontak dengan salah satu dari mereka, bahkan sempat berbicara. Dan mereka dalam keadaan aman dan selamat di Rumah Sakit Indonesia," kata Sarbini dalam jumpa pers MER-C, Rabu, 22 November 2023 malam. (Medcom.id/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat