visitaaponce.com

Kamala Harris akan Hadir di COP28

Kamala Harris akan Hadir di COP28
Wakil Presiden AS Kamala Harris(AFP/Michael M. Santiago/Getty Images)

WAKIL Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan hadir di KTT perubahan iklim PBB, COP28, yang akan dimulai di Dubai, pekan ini, setelah Presiden Joe Biden dikritik karena tidak hadir.

Harris akan bergabung dengan utusan perubahan iklim AS John Kerry dan delegasi yang terdiri dari sekotar 20 pejabat AS dalam pertemuan di negara Teluk itu, Jumat (1/12) dan Sabtu (2/12).

"Presiden telah meminta Wakil Presiden Harris untuk menghadiri KTT COP28 sebagai perwakilan untuk menunjukkan kepemimpinan AS soal iklim baik di dalam negeri maupun luar negeri," ujar Gedung Putih dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: COP-28 Jadi Katalis untuk Dorong Keterlibatan Berbagai Pihak Tanggulangi Perubahan Iklim

"Wapres AS juga akan membantu mendorong ambisi global di ajang penting itu," lanjut Gedung Putih setelah Biden menghubungi Presiden Uni Emirat Arab Mohamed bin Zayed.

Sebelumnya, Senin (27/11), gedung Putih bersikeras perwakilan AS telah memadai meski Biden tidak akan hadir di COP28.

Harris juga tidak dijadwalkan hadir di KTT perubahan iklim itu.

Baca juga: Menteri LHK: COP28 Jadi Titik Balik Akselerasi Penanganan Krisis Iklim

Juru bicara Harris, Kirsten Allen, dalam pernyataan terpisah mengatakan Wapres AS itu akan menggarisbawahi kesuksesan pemerintahan AS dalam menggelontorkan agenda iklim penuh ambisi sepanjang sejarah.

Gedung Putih tidak menjelaskan mengapa Biden, yang kerap bersuara keras mengenai perubahan iklim, tidak hadir di COP28. Namun, pejabat AS mengungkapkan Presiden AS itu tengah berusaha keras mempertahankan dan memperpanjang jeda kemanusiaan antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat