visitaaponce.com

Tentara Israel Akui Keliru Bunuh 3 Tawanan di Gaza

Tentara Israel Akui Keliru Bunuh 3 Tawanan di Gaza
Ilustrasi - Israel mengaku telah membunuh tiga tawanan yang ditahan kelompok bersenjata Palestina.(AFP)

TENTARA Israel telah membunuh tiga tawanan yang ditahan oleh kelompok bersenjata Palestina di Gaza, setelah secara keliru mengidentifikasi mereka sebagai ancaman. Para pejabat militer Israel mengatakan tawanan tersebut terbunuh akibat pertempuran dengan kelompok-kelompok Palestina di Gaza.

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan segera ada transparansi penuh dalam investigasi atas insiden tersebut.

"Selama pertempuran di Shejaiya, [tentara Israel] salah mengidentifikasi tiga sandera Israel sebagai ancaman. Akibatnya, tentara menembak ke arah mereka dan mereka terbunuh," kata tentara dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Perusahaan Pelayaran Hentikan Lalu Lintas Laut Merah Setelah Pemberontak Yaman Menyerang

"Tentara (Israel) mulai meninjau insiden tersebut dengan segera... Pelajaran langsung dari kejadian tersebut telah dipelajari, yang telah disampaikan kepada semua pasukan [tentara Israel] di lapangan,” tambahnya.

“Penyesalan yang mendalam atas insiden tragis tersebut."

Baca juga: Klaim anti-Semitisme mengguncang universitas-universitas AS karena kebebasan berpendapat 

Para sandera diidentifikasi sebagai tiga pemuda yang diculik dari komunitas Israel selama serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober. Mereka Yotam Haim, 28, Samer Al-Talalka, 25, dan Alon Shamriz, 26.

Juru bicara militer, Daniel Hagari mengatakan pasukan Israel menemukan para sandera dan secara keliru mengidentifikasi mereka sebagai sebuah ancaman. Ketiganya diyakini telah melarikan diri dari para penculik mereka atau ditinggalkan.

Pasukan Israel telah terlibat dalam pertempuran sengit dengan para pejuang Palestina di daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Sekitar 250 tawanan dibawa ke Gaza oleh kelompok-kelompok Palestina selama serangan 7 Oktober di Israel selatan, yang menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut pihak berwenang Israel.

Perang Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 18.700 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Ribuan lainnya hilang dan terjebak di bawah reruntuhan.

Pemerintah Israel telah berulang kali menyatakan bahwa membawa pulang semua sandera adalah salah satu tujuan utama mereka dalam perang ini.

Hingga saat ini, 110 tawanan telah dibebaskan, sebagian besar dalam gencatan senjata tujuh hari bulan lalu sebagai imbalan atas warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Israel juga telah memulangkan delapan jenazah, termasuk jenazah warga negara Israel-Prancis, Elia Toledano, 28, yang diculik dari sebuah festival musik elektronik, dan dua tentara berusia 19 tahun.

Kematian tersebut diumumkan ketika Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan AS dan Israel sedang mendiskusikan jadwal mengurangi serangan terhadap Hamas, meskipun mereka sepakat perang secara keseluruhan akan memakan waktu berbulan-bulan.

Sullivan juga bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk mendiskusikan masa depan daerah kantong yang terkepung itu pascaperang.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menyatakan kegelisahannya atas kegagalan Israel dalam mengurangi korban sipil dan rencananya untuk masa depan Gaza, namun Gedung Putih terus menawarkan dukungan sepenuh hati untuk Israel dengan pengiriman senjata dan dukungan diplomatik.

Serangan udara dan penembakan Israel terus berlanjut pada hari Jumat, termasuk di kota Rafah di selatan, bagian dari wilayah Gaza yang menyusut dan padat penduduknya, di mana warga sipil Palestina diperintahkan oleh Israel untuk mengungsi. (aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat