visitaaponce.com

Hamas Rilis Video Sandera yang Masih Hidup di Gaza

Hamas Rilis Video Sandera yang Masih Hidup di Gaza
Hamas merilis video dua pria yang disandera di Gaza yang diidentifikasi sebagai Keith Siegel dan Omri Miran.(AFP)

KELOMPOK militan Hamas merilis video, Sabtu (27/4), yang menunjukkan dua pria yang disandera di Gaza dan mendesak pemerintah Israel untuk mencapai kesepakatan untuk membebaskan semua tawanan yang tersisa.

Kelompok kampanye Forum Sandera dan Keluarga Hilang mengidentifikasi keduanya sebagai Keith Siegel dan Omri Miran yang diculik selama serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober. Siegel juga memiliki kewarganegaraan AS.

“Bukti kehidupan Keith Siegel dan Omri Miran adalah bukti paling jelas, pemerintah Israel harus melakukan segalanya untuk menyetujui kesepakatan pengembalian seluruh sandera sebelum Hari Kemerdekaan (14 Mei),” kata forum tersebut dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : PBB Ingatkan Ledakan Kematian Anak Gaza karena Bencana Kelaparan

“Yang masih hidup harus kembali untuk rehabilitasi, dan yang terbunuh harus menerima penguburan yang bermartabat,” ujarnya.

Video terbaru ini muncul hanya tiga hari setelah Hamas merilis video lain yang menunjukkan sandera Hersh Goldberg-Polin masih hidup.

Siegel dan Miran tampak berbicara di bawah tekanan.

Baca juga : Kekhawatiran Serangan Meningkat di Rafah setelah Israel Selamatkan 2 Sandera

"Saya telah berada di sini di tahanan Hamas selama 202 hari. Situasi di sini tidak menyenangkan, sulit dan terdapat banyak bom," kata Miran, 47, dalam rekaman tersebut, yang mengindikasikan bahwa rekaman tersebut diambil awal pekan ini.

“Sudah waktunya untuk mencapai kesepakatan yang akan membuat kita keluar dari sini dengan selamat dan sehat. Teruslah melakukan protes, sehingga akan ada kesepakatan sekarang,” tambahnya.

Video hari Sabtu ini muncul ketika Hamas mengatakan pihaknya sedang mempelajari usulan tandingan terbaru Israel untuk gencatan senjata di Gaza setelah laporan bahwa mediator Mesir telah mengirim delegasi ke Israel untuk memulai perundingan yang terhenti.

Baca juga : Israel Bunuh Ratusan Orang untuk Bebaskan Dua Sandera Hamas 

Seruan untuk Protes

Siegel, 64, yang juga berbicara dalam video tersebut, menangis ketika berbicara tentang penahanan mereka.

“Kami di sini dalam bahaya, ada bom, itu menegangkan dan menakutkan,” katanya sambil membenamkan wajahnya dipelukan sambil menangis.

“Aku ingin memberi tahu keluargaku bahwa aku sangat mencintaimu. Penting bagiku agar kamu tahu aku baik-baik saja," ujarnya.

Baca juga : Israel Selamatkan 2 Sandera, Pembantaian Besar Terjadi di Rafah

"Saya memiliki kenangan yang sangat, sangat indah tentang Paskah tahun lalu yang kita semua rayakan bersama. Saya sangat berharap kita mendapatkan kejutan terbaik," katanya, sambil meminta Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk segera mencapai kesepakatan.

Siegel mengatakan dia melihat rekaman demonstrasi di Israel yang menyerukan kesepakatan untuk menjamin pembebasan sandera.

“Saya berharap dan percaya bahwa Anda semua akan melanjutkannya,” katanya, berbicara kepada para demonstran yang telah mengadakan demonstrasi rutin yang menyerukan Netanyahu untuk menyetujui sebuah kesepakatan.

Brigade Ezzedine Al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, menerbitkan beberapa baris dalam bahasa Ibrani dalam video tersebut.

“Tekanan militer tidak berhasil membebaskan putra-putra Anda yang ditawan,” katanya.

“Lakukan apa yang perlu kamu lakukan sebelum terlambat,” kata pesan lain dalam bahasa Ibrani.

Dok.AFP

Kesepakatan Sekarang

Pada Sabtu, kerumunan pengunjuk rasa berkumpul di Tel Aviv menuntut pihak berwenang membuat kesepakatan untuk pembebasan para sandera.

“Kesepakatan sekarang,” teriak para demonstran ketika mereka menyerukan Netanyahu dan pemerintahannya untuk mengundurkan diri.

Ayah Miran, Dani, menghadiri rapat umum tersebut dan mendesak pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar untuk menyetujui kesepakatan.

“Seluruh rakyat Israel dan negara-negara di dunia ingin mengakhiri pertumpahan darah dan khususnya mengakhiri penderitaan rakyat Anda,” katanya.

"Tolong, satu permintaan, ambil keputusan sekarang,"

Penyelenggara unjuk rasa menunjukkan video tersebut ketika para pengunjuk rasa berteriak menentang pihak berwenang, seorang koresponden AFP melaporkan.

"Keith, aku mencintaimu. Kami akan berjuang sampai kamu kembali," kata istri Siegel, Aviv, yang ikut serta dalam protes tersebut.

Pihak berwenang Israel menuduh Sinwar merencanakan serangan pada 7 Oktober yang mana militan pimpinan Hamas menculik sekitar 250 orang.

Militer mengatakan 129 dari mereka masih ditawan di Gaza, termasuk 34 orang tewas. Serangan itu mengakibatkan kematian 1.170 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Serangan militer balasan Israel di Gaza telah menewaskan 34.388 orang, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat