visitaaponce.com

Israel Bunuh Ratusan Orang untuk Bebaskan Dua Sandera Hamas

Israel Bunuh Ratusan Orang untuk Bebaskan Dua Sandera Hamas 
Kerusakan besar sisa pengeboman Israel di tempat penyelamatan dua sandera Hamas di Rafah, Gaza selatan, Minggu (11/2) malam.(AFP/Said Khatib)

BAYI Majed al-Afifi baru berusia 40 hari ketika dia terbunuh, saat pasukan Israel mengebom beberapa rumah di Rafah, Gaza selatan, saat operasi pembebasan dua sandera Hamas, Minggu (11/2).

“Kami mendengar ledakan tersebut tanpa peringatan,” kata Said al-Hams, 26, sang paman bayi malang itu kepada AFP saat ditemui di kamp pengungsi Rafah.

Keponakannya yang kembar lahir tepat 40 hari yang lalu dan terbunuh, sedangkan ibu mereka terluka.

Baca juga : Israel Selamatkan 2 Sandera, Pembantaian Besar Terjadi di Rafah

"Bayi baru lahir tersebut termasuk di antara sekitar 100 orang yang dibunuh oleh pasukan Israel semalam di Rafah," menurut kementerian kesehatan di Gaza.

Lusinan serangan Israel menghantam Rafah, tempat sekitar 1,4 juta orang mencari perlindungan selama empat bulan perang antara Israel dan militan Hamas.

Meskipun ada kegembiraan di Israel atas pembebasan kedua sandera, di Rafah masyarakat menceritakan malam yang menakutkan.

Baca juga : Di Rafah, Pengungsi Gaza Hidup Seperti di Film Horor

“Situasinya sangat buruk,” kata Abu Suhaib, yang sedang tidur puluhan meter dari lokasi serangan pasukan Israel.

“Kami mendengar suara ledakan, bagaikan neraka yang menimpa warga sipil,” katanya kepada AFP.

Pria berusia 28 tahun itu mengatakan dia mendengar pesawat tempur melepaskan tembakan, tembakan, dan pendaratan helikopter.

Baca juga : Hamas Ingatkan Serbuan Israel di Rafah Berakibat Puluhan Ribu Tewas

Tumpukan besar puing-puing berdiri di mana beberapa bangunan diratakan oleh serangan Israel, di samping sisa-sisa rumah empat lantai.

Saksi mata mengatakan penghuni rumah tersebut melarikan diri dua bulan lalu, setelah militer Israel memperingatkan mereka bahwa rumah tersebut akan dibom.

Pemboman udara juga meninggalkan lima kawah besar, dengan lebar setidaknya 10 meter dan kedalaman lima meter, kata seorang jurnalis AFP.

Baca juga : Hamas: Israel Ingin Perpanjang Agresi di Gaza, Meski Tentara Mereka Kalah

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda bagaimana kami bisa selamat pada malam itu,” kata Abu Abdullah al-Qadi, yang terbangun oleh suara tembakan.

“Mereka membunuh sepupu saya, mereka membunuh banyak orang dengan serangan,” katanya kepada AFP, ketika puluhan orang berkumpul di dekat bangunan yang hancur.

“Mereka menyerbu gedung ini dan nampaknya mereka membebaskan tahanan – dan kemudian mengebomnya,” kata Qadi.

Baca juga : Netanyahu Tolak Gencatan Senjata 135 Hari di Gaza, Malah Perluas Agresi ke Rafah

“Mereka mengebom semua rumah di sebelahnya,” tambahnya.

Janji Netanyahu Hancurkan Rafah

Kamp pengungsi terletak di jantung kota Rafah, tempat banyak orang berkumpul setelah mengikuti perintah Israel untuk meninggalkan wilayah lain di Gaza.

Meskipun ada kekhawatiran internasional mengenai kemungkinan invasi darat ke kota tersebut, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin berjanji bahwa tekanan militer yang berkelanjutan adalah satu-satunya cara untuk membebaskan semua sandera.

Baca juga : Terpojok di Perbatasan Mesir, Israel Terus Tembaki Warga Gaza

Militan Palestina menyandera sekitar 250 sandera dalam serangan mereka pada 7 Oktober di Israel selatan, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel. Israel mengatakan sekitar 130 orang masih berada di Gaza, meskipun 29 orang diperkirakan tewas.

Serangan Hamas mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi.

Serangan tanpa henti yang dilakukan Israel telah menewaskan sedikitnya 28.340 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut jumlah korban terbaru dari Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Ribuan Warga Israel Tuntut Pembubaran Pemerintahan Netanyahu 

Khawatir akan serangan gencar pasukan darat, puluhan keluarga yang mengungsi akibat perang mulai mengemasi barang-barang mereka yang terbatas pada hari Senin (12/2).

“Itu adalah malam yang mengerikan,” kata Alaa Mohammed, dari Gaza utara, saat membongkar tenda di Rafah barat.

“Apa yang terjadi pada malam hari menandakan sesuatu yang besar akan terjadi di Rafah. Tampaknya tentara Israel akan memasuki Rafah seperti yang mereka umumkan,” kata pria berusia 42 tahun itu.

Baca juga : Ibu Warga Prancis yang Disandera Hamas Mohon kepada Netanyahu

Keluarga tersebut berencana melakukan perjalanan ke daerah Deir al-Balah di Gaza tengah, yang sebelumnya menjadi fokus pasukan Israel setelah mereka menghancurkan sebagian besar wilayah utara.

Mohammed mulai mengumpulkan selimut dan kasur mereka, setelah semalaman tanpa tidur, sementara kerabatnya pergi mencari transportasi.

“Banyak keluarga di sekitar saya membuka kancing tenda mereka seperti kami,” katanya.

Baca juga : Penyamaran Gagal, Israel Malah Bunuh Tentaranya Sendiri

“Saya harap kami dapat menemukan mobil atau truk. Kami menelepon lebih dari satu pengemudi yang kami kenal, tetapi semuanya sibuk.” (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat