visitaaponce.com

7 Tewas Akibat Badai di Australia Timur, Pencarian Terus Dilakukan

7 Tewas Akibat Badai di Australia Timur, Pencarian Terus Dilakukan
Badai petir dan angin kencang melanda pantai timur Australia, menyebabkan tujuh orang tewas.(AFP)

PASUKAN penyelamat terus mencari korban selamat, setelah tujuh orang tewas dalam badai hebat di sepanjang pantai timur Australia, termasuk seorang perempuan berusia 40 tahun yang terseret ke saluran air badai.

Badai petir dan angin kencang dalam beberapa hari terakhir telah melanda negara bagian Victoria dan Queensland di Australia. Badai itu mengakibatkan perahu terbalik, banjir kilat, dan merobohkan tiang listrik beton.

Biro cuaca pemerintah telah memperingatkan wilayah pantai di Queensland masih berisiko menghadapi badai berbahaya, banjir mengancam nyawa, hujan es raksasa, dan angin merusak.

Baca juga: Banjir Terjang Queensland, Buaya Masuk Kota

Tiga perempuan terseret ke saluran air badai ketika air bah melanda kota pedesaan Gympie pada Selasa, sekitar 180 kilometer (111 mil) di utara ibu kota negara bagian Queensland, Brisbane.

Salah satu perempuan selamat, seorang perempuan berusia 40 tahun meninggal, dan layanan darurat sekarang memiliki "kekhawatiran serius" untuk seorang perempuan berusia 46 tahun yang belum ditemukan.

Baca juga: AS Minta Dibantu Lawan Houthi Yaman, Ini Jawaban Australia

Wakil komisaris Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Queensland, Kevin Walsh, mengatakan tim penyelamatan air cepat akan terus melakukan pencarian di area tersebut pada Rabu.

Sebelas orang terlempar ke laut ketika perahu terbalik di laut dekat Brisbane. Polisi mengatakan dua orang telah tenggelam, delapan selamat telah diangkat dari air dan dibawa ke rumah sakit, dan mereka masih mencari anggota kru yang hilang.

"Ini menjadi 24 jam yang sangat tragis karena cuaca," kata komisaris polisi Katarina Carroll kepada wartawan.

Jenazah seorang gadis berusia sembilan tahun ditemukan setelah ia hilang dalam air bah di pinggiran Brisbane, kata polisi, sementara seorang perempuan berusia 59 tahun tewas tertimpa pohon tumbang di Gold Coast, Queensland.

Perusahaan utilitas Energex mengatakan mereka berlomba mengembalikan listrik ke lebih dari 80.000 rumah di negara bagian itu. "Seberapa kuat badai itu? Cukup untuk mematahkan beberapa tiang beton yang mendukung saluran listrik tegangan tinggi," tulis perusahaan itu di media sosial.

Sementara itu di Victoria, seorang perempuan ditemukan tewas pada Selasa malam setelah banjir kilat melanda kawasan perkemahan regional di Buchan, sekitar 350 kilometer (217 mil) di timur ibu kota negara bagian Melbourne. Seorang pria tewas setelah tertimpa cabang pohon tumbang di Caringal, sekitar 180 kilometer (111 mil) di timur Melbourne. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat