visitaaponce.com

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Tiba di Albania Jelang Konferensi Keamanan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Tiba di Albania Jelang Konferensi Keamanan
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, tiba di Albania menjelang konferensi keamanan(AFP)

PRESIDEN Ukraina, Volodymyr Zelensky, tiba di Albania pada Selasa malam menjelang konferensi keamanan, kunjungannya pertama kali ke negara Balkan tersebut sejak invasi Rusia.

Dalam unggahan di media sosial, Menteri Luar Negeri Albania, Igli Hasani, menyebut kedatangan pemimpin Ukraina ke Tirana sebagai momennya untuk memperkuat hubungan bilateral dan berdiri solidaritas dengan Ukraina dalam perjuangannya melawan agresi Rusia.

Zelensky telah menjelajahi dunia dalam beberapa pekan terakhir untuk menggalang dukungan bagi negaranya yang terlantar, saat angkatan bersenjata Ukraina menghadapi kekurangan amunisi yang kritis dan kesulitan menahan kemajuan militer Rusia di lapangan.

Baca juga : AS Siap Gelontorkan Dana Keamanan Senilai US$800 Juta untuk Ukraina

Di Tirana pada Rabu, Zelensky akan bertemu dengan sejumlah pemimpin dari seluruh wilayah selama Puncak Ukraina-Eropa Tenggara.

Albania, yang menjadi anggota NATO sejak 2009, telah menjadi pendukung vokal Ukraina tetapi umumnya tetap diam di muka umum tentang penyediaan senjata ke Kyiv.

Selama kunjungan ke Albania awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memuji dukungan Tirana terhadap Ukraina.

Baca juga : Volodymyr Zelensky: 31 ribu Tentara Ukraina Tewas dalam Perang Lawan Rusia

"Albania adalah salah satu negara pertama yang mengirim bantuan militer ke Ukraina menyusul agresi Rusia - senjata, amunisi, kendaraan tahan ranjau - dan saat ini menjadi salah satu dari sepuluh teratas per kapita dalam dukungannya untuk Ukraina dan bantuan keamanan," kata Blinken.

Sebelum tiba di Tirana, presiden Ukraina mendarat di Arab Saudi. Di mana ia berusaha mempromosikan rencananya untuk perdamaian dan membahas kemungkinan pertukaran tawanan perang.

Arab Saudi menjaga hubungan dengan Rusia dan Ukraina, serta pernah menjadi mediator antara pihak-pihak yang berperang, termasuk kesepakatan pada September 2022 yang melibatkan pelepasan lebih dari 200 tawanan Ukraina. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat