visitaaponce.com

AS SiapGelontorkan Dana Keamanan Senilai US800 Juta untukUkraina

AS Siap Gelontorkan Dana Keamanan Senilai US$800 Juta untuk Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato secara virtual di depan parlemen Kanada di Ottawa, Kanada, Selasa (15/3).(Justin Tang / POOL / AFP)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menggelontorkan dana bantuan keamanan yang baru senilai US$800 juta untuk Ukraina usai Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan Kongres AS.

Pengumuman itu diperkirakan dilakukan pada Rabu (16/3) pukul 11.45 waktu setempat (15.45 GMT).

Dengan bantuan terbaru tersebut, menurut seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebut namanya, pada Selasa (15/3), total bantuan yang diumumkan pada pekan lalu saja menjadi US$1 miliar.

Zelensky akan memperbarui seruannya untuk lebih banyak bantuan dalam pidato virtualnya di hadapan Kongres pada Rabu (16/3) pagi, ketika beberapa anggota parlemen AS menekan Gedung Putih untuk mengambil garis yang lebih keras atas invasi Rusia.

Baca juga:  Rusia Jatuhkan Sanksi untuk Biden, Trudeau, dan Sejumlah Pejabat AS dan Kanada

Pada Sabtu (12/3), Biden telah mengesahkan US$200 juta peralatan militer tambahan ke Ukraina.

Namun, pejabat Gedung Putih itu tidak memberikan perincian tentang apa yang akan dimasukkan dalam bantuan keamanan senilai US$800 juta yang akan diumumkan pada Rabu (16/3).

Tetapi pada tahun lalu, kata pejabat itu, AS telah menyediakan lebih dari 600 rudal Stinger dan sekitar 2.600 sistem anti-tank Javelin ke Ukraina, bersama dengan bermacam-macam sistem radar, helikopter, peluncur granat, senjata dan amunisi dan peralatan lainnya.

"AS sejauh ini tetap menjadi donor tunggal bantuan keamanan terbesar ke Ukraina," kata pejabat itu.

Pidato Zelensky pada Rabu (16/3) akan menjadi pidatonya yang kedua di hadapan anggota Kongres bulan ini. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat