visitaaponce.com

Sebelum Terjadi di Ende dan Gorontalo, Gempa 6,9 SR Guncang Papua Nugini

Sebelum Terjadi di Ende dan Gorontalo, Gempa 6,9 SR Guncang Papua Nugini
Peta wilayah Papua Nugini dan perbatasan dengan Indonesia yang dilanda gempa.(Dok. Antara)

PAPUA Nugini dilanda gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) pada Minggu (24/3), menurut Survei Geologi AS (USGS). Sekitar satu jam setelah gempa di Papua Nugini, beberapa wilayah di timur Indonesia seperti Gorontalo dan Ende juga dilanda gempa.

Gempa di Ende berkekuatan 6,1 SR terjadi pada pukul 11.04 WITA. Di Gorontalo gempa terjadi dengan kekuatan 4,9 SR. Selain itu, gempa juga terjadi di Kepulauan Solomon sebesar 5,7 SR.

Di Papua Nugini, pusat gempa berada 23 kilometer timur laut kota Ambunti dan aktivitas seismik tetap tinggi di wilayah tersebut dengan serangkaian gempa susulan di negara tetangga Indonesia dan Kepulauan Solomon. Sekitar 20 menit setelah gempa pertama, gempa berkekuatan 5,1 SR juga melanda pusat gempa.

Baca juga : Meulaboh Diguncang Gempa Magnitudo 5, tidak Ada Kerusakan dan Potensi Tsunami

Dalam laporan awal pihak Papua Nugini, dikatakan tidak ada korban jiwa atau harta benda akibat gempa yang terjadi sekitar 64 kilometer di bawah tanah itu.

Seperti diketahui, sama halnya dengan Indonesia, Papua Nugini terletak di Cincin Api Pasifik tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi dan aktivitas gunung berapi di dunia. Dua puluh satu orang tewas dalam gempa berkekuatan 7,6 SR yang melanda negara itu pada September 2022.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat