visitaaponce.com

Meulaboh Diguncang Gempa Magnitudo 5, tidak Ada Kerusakan dan Potensi Tsunami

Meulaboh Diguncang Gempa Magnitudo 5, tidak Ada Kerusakan dan Potensi Tsunami
Ilustrasi(MI)

Gempa tektonik mengguncang Kota Meulaboh, Aceh, Senin (10/7) pukul 08.19.04 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa tersebut memiliki magnitudo 5,0. Episentrum terletak pada koordinat 3,84° LU; 95,85° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 45 kilometer arah Barat Daya Kota Meulaboh, pada kedalaman 57 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi pusat dan kedalaman, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser turun," kata Daryono, Senin (10/7).

Baca juga: Lokasi Likuifaksi Gempa Bumi Palu akan Dijadikan Ruang Terbuka Hijau

Guncangan dirasakan di Kota Banda Aceh dan Aceh Tengah dengan skala intensitas II MMi. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan.

"Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," ucap Daryono.

Baca juga: Jayapura Diguncang Gempa, Istana: Presiden Dalam Kondisi Aman

Meski belum ada aktivitas gempa susulan, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Masyarakat juga harus tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat perlu menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," bebernya.

Selain itu, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat