visitaaponce.com

Israel Klaim Bunuh Pemimpin Unit Roket Hizbullah di Libanon

Israel Klaim Bunuh Pemimpin Unit Roket Hizbullah di Libanon
Israel mengklaim telah menewaskan wakil kepala unit roket Hizbullah di Libanon selatan.(AFP)

SERANGAN Israel menewaskan wakil kepala unit roket Hizbullah di Libanon selatan pada Jumat, kata militer Israel, kekerasan lintas batas terbaru yang mematikan sejak perang Israel-Hamas meletus.

Hizbullah, yang memiliki persenjataan roket dan rudal yang kuat, hampir setiap hari saling baku tembak dengan tentara Israel sejak sekutunya, kelompok militan Palestina Hamas, melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel selatan pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza.

Permusuhan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran akan konflik besar-besaran antara Israel dan Hizbullah, yang terlibat dalam perang yang menghancurkan pada  2006.

Baca juga : Biden Minta Hamas Terima Gencatan Senjata pada Ramadan

Kantor Berita Nasional (NNA) yang dikelola pemerintah Libanon mengatakan "serangan drone musuh menargetkan sebuah mobil" di Bazuriyeh di distrik selatan Tyre, menyebabkan sedikitnya satu orang tewas.

Sumber militer Libanon, yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan orang yang dibunuh adalah "pejabat Hizbullah".

Tentara Israel mengatakan serangan Bazuriyeh membunuh wakil kepala unit roket Hizbullah, dan mengidentifikasi dia sebagai Ali Abdel Hassan Naim, "salah satu pemimpin penembakan roket hulu ledak berat dan bertanggung jawab untuk melakukan dan merencanakan serangan terhadap warga sipil Israel".

Baca juga : Dua Serangan Udara Israel Hantam Libanon Lukai 14 Orang

Hizbullah mengatakan tujuh pejuangnya, termasuk satu yang diidentifikasi sebagai Naim, tewas akibat tembakan Israel, tanpa menyebutkan secara spesifik kapan dan di mana mereka tewas.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengunjungi komando utara tentara pada hari Jumat “untuk memeriksa dengan cermat penghentian lain yang berhasil seperti yang dilakukan pagi ini”, katanya dalam sebuah posting.

Gallant mengatakan tentara akan terus melanjutkan operasinya melawan Hizbullah, dan pemimpinnya Hassan Nasrallah harus disalahkan atas konsekuensinya, termasuk anggotanya yang terbunuh dan terluka.

Baca juga : Komandan Hizbullah Termasuk 10 Orang Tewas dalam Serangan Israel di Libanon

“Kami akan membuat mereka membayar harga atas setiap serangan yang dilakukan dari Lebanon,” katanya.

Tujuh pejuang Hizbullah tewas akibat serangan Israel di Suriah pada hari Jumat, kata pemantau perang yang berbasis di Inggris sebelumnya.

Seorang koresponden AFP melaporkan kendaraan yang menjadi sasaran di Bazuriyeh hancur dan puing-puing berserakan di dekatnya.

Baca juga : Iran Ancam Serangan Israel di Libanon Tanda Akhir Netanyahu

Hizbullah yang didukung Iran mengatakan mereka bertindak untuk mendukung Hamas dengan serangannya. Israel telah menargetkan pejabat Hizbullah dan Hamas di Lebanon sebagai tanggapannya.

Beberapa hari terakhir ini terjadi peningkatan kontak senjata yang mematikan, dan Gedung Putih pada hari Kamis meminta Israel dan Lebanon untuk memberikan prioritas utama dalam memulihkan ketenangan.

Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon selatan mengatakan mereka "sangat terganggu" oleh serangan terhadap fasilitas layanan kesehatan, setelah beberapa serangan yang dituduhkan dilakukan oleh Israel menewaskan petugas penyelamat di Lebanon selatan pada minggu ini.

Tembakan lintas batas sejak Oktober telah menewaskan sedikitnya 347 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang Hizbullah, namun juga termasuk sedikitnya 68 warga sipil, menurut perhitungan AFP.

Pertempuran tersebut telah membuat puluhan ribu orang mengungsi di Lebanon selatan dan Israel utara, di mana menurut militer 10 tentara dan delapan warga sipil tewas. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat