visitaaponce.com

4 Orang Tewas Akibat Gempa di Taiwan

4 Orang Tewas Akibat Gempa di Taiwan
NFA melaporkan gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang melanda pantai timur Taiwan telah menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 57 lain(AFP)

BADAN Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA) mengatakan sedikitnya empat orang tewas dan 57 lainnya luka akibat gempa berkekuatan 7,4 magnitudo melanda pantai timur Taiwan pada Rabu (3/4) pagi.

NFA juga mengatakan pihak berwajib masih mengumpulkan informasi mengenai korban.

Gempa terkuat di Taiwan sejak 25 tahun itu terasa di seluruh pulau, menyebabkan bangunan-bangunan runtuh. Orang-orang terperangkap di dalam bangunan runtuh, ribuan rumah kehilangan aliran listrik, dan jalan raya utama di sepanjang pantai timur ditutup. 

Baca juga : 1 Orang Diperkirakan Tewas, Puluhan Terluka dalam Gempa Terkuat di Taiwan 

Juru bicara Administrasi Cuaca Pusat Taiwan memperingatkan gempa susulan berkekuatan 7 skala Richter diperkirakan akan terjadi hingga akhir minggu ini.

Gempa tersebut memicu peringatan dini tsunami di Taiwan, Jepang selatan, dan Filipina, dengan gelombang kurang dari setengah meter terlihat di beberapa pantai.
Otoritas Filipina sempat memerintahkan evakuasi untuk area pesisir di 23 provinsi yang terancam tsunami. Warga diimbau mengungsi ke daratan yang lebih tinggi dan bergerak menjauh dari pantai. 

Pun demikian, Otoritas Filipina dan Jepang telah mencabut peringatan tsunami. Sebagaimana tertulis di AFP, badan seismologi Filipina mencabut peringatan tsunami untuk area pesisir di negara tersebut.

Baca juga : Korban Tewas Gempa Jepang Naik Jadi 84 Orang dan 51 Hilang

"Berdasarkan data yang tersedia dari stasiun pemantauan permukaan laut kami yang menghadap ke area episentral, tidak ada gangguan permukaan laut signifikan yang tercatat sejak pukul 07.58 waktu setempat hingga pembatalan ini," sebagaimana ditulis Badan Seismologi Filipina.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Rabu, menuturkan gempa di Taiwan tidak akan berdampak signifikan ke Indonesia. Hal tersebut dipastikan berdasarkan hasil analisa yang dilakukan BMKG beberapa saat mendapat informasi terkait gempa Taiwan.

"Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia," ujar Daryono.

Oleh karena itu BMKG mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat