visitaaponce.com

Meriah Radio Internasional Taiwan Peringati Hari Kartini

Meriah! Radio Internasional Taiwan Peringati Hari Kartini
Acara pengibaran bendera Taiwan(AFP/YASUYOSHI CHIBA)

DALAM rangka memperingati perjuangan pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini dan sebagai ajang kumpul masyarakat Indonesia di Taiwan, Radio Taiwan Internasional (RTI) menggelar kegiatan “Kartini Taiwan Music Festival”. Acara yang digelar Minggu (21/4) ini diselenggarakan di Taipei City Mall Plaza 12 pada pukul 13:00-17:00 waktu setempat.

Berkolaborasi dengan Foreign Workers Social and Care Association (FSC), acara yang digelar masih dalam suasana hangat lebaran ini merupakan penghormatan kepada para pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan, khususnya kaum perempuan.

Senior Koordinator RTI Tony Thamsir mengatakan banyak perempuan Indonesia yang jauh merantau bekerja di Taiwan untuk memperbaiki masa depan dan perekonomian keluarga.

Baca juga : Taiwan Travel Fair Dimulai Hari Ini di Kota Kasablanka

Merujuk statistik Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan (MoL), pada Februari 2024 jumlah PMI di Taiwan tercatat sebanyak 277.729 orang, lebih dari 70% di antaranya adalah kaum perempuan.

“Karenanya, tidak berlebihan acara kali ini juga ditujukan sebagai apresiasi bagi para perempuan hebat ini,” ujar Tony dikutip dalam sebuah rilis yang disiarkan Kantor Ekonomi dan Dagang Teipei (TETO) di Jakarta.

Konsep Festival Musik

Baca juga : Tiongkok Murka pada Taiwan setelah Insiden di Pulau Beiding Kinmen

Kegiatan akbar ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh RTI berkolaborasi dengan FSC. Namun khusus kali ini, kegiatan digelar dengan konsep festival musik yang mengundang langsung penyanyi asal Indonesia, Kiki Asiska.

Selain itu banyak juga talenta muda Indonesia di Taiwan yang akan tampil seperti salah satu anggota Girl Band Taiwan “HUR+ Crimzon”, Grace Jonwilin, yang kini tengah melejit namanya; band Indonesia yang berbasis di Taiwan, Five Notes; UTERS Dancer, penari tarian tradisional Indonesia dari para mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Taiwan (UT-Taiwan); Mila Boutique, modeling club yang beranggotakan para PMI di Taiwan di bawah asuhan PMI teladan Mila Widya Sari, dan masih banyak lagi.

Acara ini juga diharapkan dapat melanjutkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan, meningkatkan pertukaran kebudayaan, juga turut memperkuat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini antara Taiwan  dan Indonesia. Keberhasilan acara ini juga diharapkan dapat menjadi batu pijakan di tahun depan agar bisa menggelar kegiatan serupa dengan cakupan yang lebih besar. Seperti kegiatan festival musik empat negara Asia Tenggara secara bersamaan (Indonesia, Vietnam, Filipina dan Thailand), yang kini mencatat jumlah total sebanyak 756.831 orang di Taiwan.

Acara ini juga disponsori oleh sejumlah perwakilan Indonesia di Taiwan seperti Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taiwan, Pimpinan Cabang Internasional Nahdlatul Ulama Taiwan, dan kelompok diaspora Indonesia, IDN Taiwan. Selain itu sejumlah perusahaan seperti Superindo, Goldstar, CLC, Mahkota Taiwan, GoBox, Inbatic, Tuku Online, dan Kampoengku juga turut serta. Ada juga Family Mart, 全盈+Pay, Mila Boutique, UVU, hingga Wang Duo Duo. (B-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat