visitaaponce.com

Mahasiswa Argentina Protes Pemotongan Dana untuk Universitas Negeri

Mahasiswa Argentina Protes Pemotongan Dana untuk Universitas Negeri
Puluhan ribuan mahasiswa universitas Argentina memprotes pemotongan dana untuk pendidikan tinggi publik(AFP)

PULUHAH ribuan mahasiswa universitas Argentina turun ke jalan memprotes pemotongan dana untuk pendidikan tinggi publik, penelitian, dan ilmu pengetahuan di bawah Presiden baru yang memangkas anggaran, Javier Milei.

Mereka didukung  para profesor dan alumni dari 57 universitas negeri di negara Amerika Selatan yang dilanda krisis ekonomi, mereka bangkit "untuk mempertahankan pendidikan universitas negeri yang bebas."

Serikat buruh, partai oposisi, dan universitas swasta mendukung protes di Buenos Aires dan kota-kota besar lainnya seperti Cordoba.

Baca juga : Industri Budaya Argentina Berjuang di Bawah Pemerintahan Milei

Mahasiswa kedokteran tahun ketiga, Pablo Vicenti, 22, mengatakan kepada AFP di ibu kota bahwa dia marah pada "serangan brutal" pemerintahan Milei terhadap sistem itu.

"Mereka ingin menghentikan pendanaannya dengan cerita palsu tidak ada uang. Ada, tapi mereka memilih untuk tidak menghabiskannya untuk pendidikan publik," katanya.

Milei memenangkan pemilihan pada bulan November lalu dengan janji untuk memotong pengeluaran publik dan mengurangi defisit anggaran menjadi nol.

Baca juga : Argentina Nikmati Surplus Anggaran Bulanan Pertama dalam 12 Tahun

Untuk mencapai tujuan itu, pemerintahnya telah memangkas subsidi untuk transportasi, bahan bakar, dan energi, bahkan ketika penghasil upah kehilangan seperlima daya belinya.

Ribuan pegawai negeri telah kehilangan pekerjaan mereka. Milei telah menghadapi banyak protes anti-austeritas sejak menjabat pada Desember.

Universitas-universitas menyatakan darurat anggaran setelah pemerintah menyetujui anggaran 2024 yang sama dengan anggaran untuk tahun 2023, meskipun inflasi tahunan mendekati 290% dan kenaikan biaya energi hampir 500% yang membuat lembaga pendidikan tinggi mengalami kesulitan.

Baca juga : Pengunjuk Rasa Pro-Palestina di Universitas Columbia, New York Ditangkap

"Sesuai dengan tingkat pendanaan saat ini, kami hanya bisa beroperasi selama dua atau tiga bulan lagi," kata rektor Universitas Buenos Aires (UBA), Ricardo Gelpi.

Ketika kemarahan semakin memuncak, Milei mengakui peningkatan 70% dalam pendanaan untuk biaya operasional universitas negeri pada Maret, yang akan diikuti dengan peningkatan 70% lagi pada Mei dan bantuan satu kali untuk rumah sakit universitas.

Biaya operasional tidak termasuk gaji guru, yang menyumbang sekitar 90% dari anggaran universitas.

Baca juga : Presiden Argentina Javier Milei Mengubah Keputusan Terbang dengan Penerbangan Komersial

"Dari empat kategori pengajaran, tiga telah jatuh di bawah garis kemiskinan," kata rektor Universitas Nasional San Luis, Victor Morinigo.

Dalam sebuah postingan di platform X pada akhir pekan, Milei mempertanyakan bagaimana universitas negeri menghabiskan dana mereka. Ia mengatakan lembaga-lembaga itu "digunakan untuk bisnis yang tidak jelas dan untuk indoktrinasi."

Sebanyak 2,2 juta orang belajar di sistem universitas negeri di negara di mana tingkat kemiskinan telah mencapai hampir 60% dari populasi, menurut sebuah studi terbaru.

"Jangan berharap keluar melalui pengeluaran publik," peringatkan Milei pada hari Senin, sambil memuji surplus anggaran triwulanan Argentina pertama sejak 2008. 

Keyword: Argentina, mahasiswa, protes, pemotongan dana, universitas negeri, Javier Milei, pendidikan tinggi, austeritas, anggaran. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat