visitaaponce.com

Wabah Flu Burung pada Sapi Perah di Colorado

Wabah Flu Burung pada Sapi Perah di Colorado 
Sapi merumput di ladang peternakan sapi perah pada tanggal 26 April 2024 di Petaluma, California(Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

DEPARTEMEN Pertanian Amerika Serikat (USDA) menemukan flu burung pada sapi perah di timur laut Colorado. Departemen Pertanian negara bagian mengatakan ini adalah kali pertama flu burung didiagnosis pada sapi Colorado

USDA telah mengonfirmasi flu burung pada sapi perah di delapan negara bagian lainnya, yakni Idaho, South Dakota, Kansas, New Mexico, Texas, Michigan, Ohio dan North Carolina.

Pada hari Selasa (23/4), Kantor Dokter Hewan Negara Bagian Colorado menerima laporan tentang kawanan sapi perah yang menunjukkan gejala yang konsisten dengan flu burung. 

Baca juga : Undang-Undang di Colorado Lindungi Data Otak yang Ditangkap Perangkat

Tanda-tanda penyakit flu burung pada sapi perah antara lain penurunan pola makan, penurunan produksi susu, dan kelainan susu seperti kolostrum. Ternak yang sakit pun nampak pulih setelah mendapat perawatan suportif.

Sampel yang diserahkan ke Laboratorium Diagnostik Hewan Universitas Negeri Colorado dinyatakan positif mengidap flu burung yang sangat patogen, atau HPAI, pada hari Kamis (24/4) dan dikonfirmasi oleh Laboratorium Layanan Hewan Nasional USDA pada hari Jumat (25/4).

“Kami terus melihat wabah HPAI yang sedang berlangsung ini berkembang dan selama sebulan terakhir telah terlihat penularan virus kini berpindah ke sapi perah,” kata Dokter Hewan Negara Bagian Colorado, Maggie Baldwin.

Baca juga : MA Colorado Jegal Pencalonan Trump

“Meskipun kami belum sepenuhnya memahami mekanisme penularan virus ini, kami mengetahui bahwa virus ini tampaknya menyebar dari sapi ke sapi dan antar kawanan. Sangat penting bagi produsen untuk menerapkan langkah-langkah biosekuriti yang ditingkatkan untuk memitigasi penyebaran flu burung yang sangat patogen,” tambahnya.

Perkembangan virus ini mencakup kasus pertama yang mengenai manusia yang tertular flu burung dari mamalia.

Halaman web tanggap flu burung di Colorado akan diperbarui dengan membagikan rencana negara bagian tersebut dalam menghadapi wabah yang sedang berlangsung. Departemen Pertanian negara bagian bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Colorado untuk memberikan panduan pengendalian penyakit bagi orang-orang yang terpapar wabah ini..

Baca juga : Manfaat Pasteurisasi dan Contoh Makanan yang Menggunakan Metode Pengawetan Ini

Colorado memiliki 106 perusahaan susu dan sekitar 200.000 sapi perah.

Saat ini, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan pasokan susu komersial karena susu di-pasteurisasi sebelum dipasarkan

Meskipun para pejabat kesehatan mengatakan risiko terhadap masyarakat masih rendah, masyarakat semakin khawatir karena produsen telur segar terbesar di AS melaporkan adanya wabah ini.

Dua kasus flu burung pada manusia telah dilaporkan di Amerika Serikat: Satu di Colorado pada tahun 2022 dan satu lagi di Texas pada tahun 2024. Kedua orang tersebut hanya mengalami gejala minimal setelah terpapar hewan yang terinfeksi.

“Baik produsen susu maupun unggas harus menerapkan peningkatan biosekuriti dan waspada dalam memantau dan mengendalikan penyakit pada ternak mereka,” sebagaimana tertulis di siaran pers USDA. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat