visitaaponce.com

Perdana Menteri Slovakia Lima Kali Ditembak dalam Upaya Pembunuhan

Perdana Menteri Slovakia Lima Kali Ditembak dalam Upaya Pembunuhan
Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico, dirawat di rumah sakit setelah ditembak lima kali.(AFP)

WAKIL Perdana Menteri Slovakia Tomáš Taraba yakin Perdana Menteri Robert Fico akan selamat setelah operasi yang "berjalan lancar" dan "tidak dalam kondisi mengancam jiwa pada saat ini."

"Untungnya, sejauh yang saya tahu, operasinya berjalan lancar dan saya kira pada akhirnya dia akan selamat," kata Taraba dalam wawancara dengan program Newshour BBC.

Taraba mengatakan perdana menteri "terluka parah" dengan satu peluru masuk ke perutnya dan yang lainnya mengenai sendi-sendi.

Baca juga : Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Ditembak dalam Upaya Pembunuhan

"Secara langsung dia dibawa ke rumah sakit dan kemudian menjalani operasi," katanya.

Diketahui Fico dirawat di rumah sakit pada hari Rabu setelah ditembak lima kali dalam upaya pembunuhan yang mengguncang negara tersebut.

Serangan terjadi setelah pertemuan pemerintah di luar kota Handlova, Slovakia Tengah. Pelaku diduga melepaskan tembakan di tengah kerumunan kecil yang menunggu untuk menyambut perdana menteri di jalanan di luar pusat budaya tempat pertemuan berlangsung, laporan media lokal menyebutkan.

Baca juga : Dunia Kecam Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan perdana menteri yang terluka ditarik masuk ke dalam sebuah kendaraan oleh stafnya, sebelum kendaraan itu melaju menjauh dengan dia di dalamnya. 

Fico kemudian dibawa ke rumah sakit setempat dan kemudian diterbangkan dengan helikopter ke pusat trauma utama sekitar 30 kilometer jauhnya di Banska Bystrica. Tidak ada yang lain yang terluka dalam serangan itu, kata pejabat.

Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri Slovakia menyebut penembakan itu "bermotif politik," dengan menyatakan bahwa "tersangka membuat keputusan untuk melakukannya tak lama setelah pemilihan presiden."

Baca juga : Detik-detik Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Ditembak Tertangkap Video

Menteri Pertahanan dan Menteri Dalam Negeri Slovakia menyalahkan peningkatan ujaran kebencian dan perpecahan atas suasana politik di negara tersebut, yang mereka katakan menyebabkan upaya pembunuhan itu.

Slovakia telah terbagi dalam pandangan terhadap arah dan posisi negara dalam dunia sejak Fico kembali berkuasa tahun lalu. Para pendukung melihat Fico sebagai pemimpin yang peduli yang memiliki kepentingan mereka di hati; para kritikus mengatakan dia adalah seorang populis yang kecenderungan pro-Rusia-nya menimbulkan risiko besar bagi negara.

Negara itu telah melihat minggu-minggu protes yang sebagian besar damai terhadap reformasi domestik yang kontroversial pemerintah koalisi Fico. Pemerintah juga berusaha menutup penyiaran layanan publik RTVS dan berencana menggantinya dengan penyiaran nasional baru, yang akan berada di bawah kendali pemerintah yang lebih ketat. (CNN/Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat