visitaaponce.com

Dunia Kecam Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico

Dunia Kecam Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico
Sejumlah kepala negara mengutuk upaya pembunuhan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico. Ini rangkumannya.(Instagram)

UPAYA pembunuhan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico memancing berbagai respon dunia. 

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut upaya pembunuhan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico sebagai “kejahatan yang mengerikan.”

“Tidak ada pembenaran atas kejahatan mengerikan ini,” kata Putin dalam pesan yang dikirimkan kepada Presiden Slovakia Zuzana Caputova.

Baca juga : Detik-detik Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Ditembak Tertangkap Video

Pemimpin Rusia itu juga mengaku mengenal Fico sebagai seorang pria pemberani dan berkemauan keras. Sebuah kualitas yang Putin harapkan akan membantu Fico mengatasi situasi sulit ini.

Presiden AS Joe Biden menyatakan kekhawatirannya atas percobaan pembunuhan terhadap Fico. Ia menyebutnya sebagai “tindakan kekerasan yang mengerikan.”

“Saya khawatir mendengar laporan serangan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico,” kata Biden dalam sebuah pernyataan. 

Baca juga : Upaya Pembunuhan PM Slovakia Robert Fico Diduga Karena Politik

"Saya dan Jill berdoa agar kesembuhan segera terjadi, dan kami turut berduka cita bersama keluarga Jill dan masyarakat Slowakia. Kami mengutuk tindakan kekerasan yang mengerikan ini. Kedutaan kami berhubungan erat dengan pemerintah Slowakia dan siap membantu."

Seorang anggota oposisi di parlemen Slovakia mengatakan upaya pembunuhan itu adalah “serangan terhadap keamanan dalam negeri” negara tersebut.

''Serangan terhadap perdana menteri jelas merupakan serangan terhadap keamanan dalam negeri Slovakia, dan pada saat ini penting untuk mengetahui kondisinya dan kemudian kami dapat mengomentarinya secara lebih rinci,'' kata Maria Kolikova kepada wartawan di Bratislava.

Baca juga : Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Ditembak dalam Upaya Pembunuhan

''Eskalasi yang terjadi di masyarakat ini benar-benar bisa mengarah pada apa yang kita alami sekarang. Benar bahwa kami mempunyai pandangan politik yang berbeda, namun ada campur tangan dalam masyarakat dan hal ini mengakibatkan tindakan kekerasan,'' kata Branislav Gröhling, anggota parlemen oposisi lainnya.

Sejumlah respon disampaikan pemimpin negara dan lembaga di media sosial. Berikut beberapa di antaranya:

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg: "Terkejut dan terkejut dengan penembakan Perdana Menteri Robert Fico. Saya berharap dia mendapat kekuatan untuk pemulihan yang cepat. Pikiran saya tertuju pada Robert Fico, orang-orang yang dicintainya, dan rakyat Slovakia."

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen: “Saya mengutuk keras serangan keji terhadap Perdana Menteri Robert Fico. Tindakan kekerasan seperti itu tidak mempunyai tempat dalam masyarakat kita dan melemahkan demokrasi, kebaikan bersama kita yang paling berharga. Pikiran saya tertuju pada PM Fico, keluarganya.”

Baca juga : Fakta Tentang Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky: "Serangan terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico sangat mengerikan. Kami mengutuk keras tindakan kekerasan terhadap kepala pemerintahan negara mitra tetangga kami. Segala upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa kekerasan tidak menjadi norma di negara mana pun , bentuk, atau bola. Kami sangat berharap Robert Fico segera pulih dan menyatakan solidaritas kami dengan rakyat Slovakia." 

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban: “Saya sangat terkejut dengan serangan keji terhadap teman saya, Perdana Menteri Robert Fico. Kami berdoa untuk kesehatannya dan kesembuhan yang cepat! Tuhan memberkati dia dan negaranya!”

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni: "Saya sangat terkejut mengetahui berita serangan pengecut terhadap Perdana Menteri Slovakia Robert Fico. Semua pikiran saya tertuju padanya, keluarganya, dan orang-orang Slovakia yang ramah." 

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez: “Ngeri dan marah atas serangan terhadap Perdana Menteri Slovakia. Spanyol mendukung Robert Fico, keluarganya, dan rakyat Slovakia di masa yang sangat sulit ini. Tidak ada yang bisa membenarkan kekerasan.”

(CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat