visitaaponce.com

Diduga Ada Orang Lain Terlibat dalam Percobaan Pembunuhan Terhadap Perdana Menteri Slovakia

Diduga Ada Orang Lain Terlibat dalam Percobaan Pembunuhan Terhadap Perdana Menteri Slovakia
Mendagri Slovakia curiga melakukan percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Robert Fico tidak sendiri(Instagram)

PRIA yang dicurigai melakukan percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Robert Fico mungkin tidak bekerja sendirian, kata menteri dalam negeri Slovakia.

Sebuah tim sedang menyelidiki kemungkinan serangan, Rabu, tidak dilakukan "serigala tunggal atau lone wolf", seperti yang sebelumnya diyakini, kata Matus Sutaj Estok kepada wartawan, Minggu (19/5).

Nyawa Tuan Fico tidak lagi dalam bahaya setelah berjam-jam menjalani operasi. Tetapi pria berusia 59 tahun itu masih memerlukan perawatan intensif, kata wakilnya sebelumnya.

Baca juga : Perdana Menteri Slovakia Robet Fico dalam Kondisi Serius Setelah Percobaan Pembunuhan, Tersangka Ditahan

Pada Sabtu, pria yang dituduh melakukan percobaan pembunuhan terhadapnya ditempatkan dalam tahanan hingga sidangnya.

Pelaku yang diduga belum secara resmi diidentifikasi, tetapi laporan Slovakia secara luas mengidentifikasinya sebagai Juraj Cintula berusia 71 tahun dari kota Levice.

Media lokal menggambarkannya sebagai seorang penyair yang terlibat dalam organisasi politik dengan berbagai ideologi.

Baca juga : Kondisi Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Tidak Mengancam Jiwa

Dalam konferensi pers, Minggu, Estok mengatakan sebuah tim penyelidikan telah dibentuk, yang juga akan menyelidiki apakah tersangka "beroperasi dalam kelompok tertentu yang mungkin saling memprovokasi dan mendukung satu sama lain".

Dia mengatakan ini berdasarkan informasi dari dinas intelijen, termasuk bahwa dua jam setelah serangan, dan setelah tersangka ditahan, riwayat Facebook dan komunikasinya dihapus.

Hari setelah percobaan pembunuhan, Estok mengatakan tersangka bertindak sendiri dan sebelumnya telah mengikuti protes anti-pemerintah.

Baca juga : Perdana Menteri Slovakia Lima Kali Ditembak dalam Upaya Pembunuhan

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Robert Kalinak mengatakan nyawa Tuan Fico tidak lagi dalam bahaya.

Kalinak mengatakan kondisinya masih memerlukan perawatan intensif, tetapi "yang terburuk yang kami khawatirkan setidaknya untuk saat ini telah berlalu".

"Kami dapat menganggap kondisinya stabil dengan prognosis yang positif," katanya di luar rumah sakit tempat Tuan Fico sedang dirawat di kota Banska Bystrica, "Kami semua merasa sedikit lebih tenang sekarang."

Baca juga : Dunia Kecam Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico

Dia menambahkan Fico akan tinggal di Banska Bystrica untuk saat ini, dengan transfer tidak mungkin dalam waktu dekat karena kondisinya.

Perdana Menteri ditembak dari jarak dekat saat dia sedang menyapa pendukung setelah pertemuan pemerintah di kota kecil Handlova.

Estok mengatakan jika salah satu tembakan "hanya beberapa sentimeter lebih tinggi, itu akan mengenai hati perdana menteri".

Serangan itu telah membuat Slovakia sangat terkejut. Pada Kamis, Presiden Zuzana Caputova yang akan segera pensiun mengimbau ketenangan dan mengundang semua pemimpin partai untuk pertemuan guna membahas ketegangan politik.

Fico kembali berkuasa di Slovakia setelah pemilihan pada September tahun lalu, sebagai pemimpin koalisi populist-nasionalis.

Iklim politik di negara itu sejak itu menjadi sangat bermusuhan - meskipun perpecahan tersebut bermula setidaknya pada tahun 2018, ketika seorang jurnalis yang menyelidiki klaim korupsi tingkat tinggi dibunuh.

Fico terpaksa mundur saat itu, di tengah protes besar-besaran.

Kemenangannya kembali adalah sebuah comeback besar yang dicapainya dengan platform yang mencakup janji untuk mengakhiri bantuan militer kepada Kiev dan memveto ambisi NATO Ukraina, serta pembicaraan lain yang lebih mengingatkan pada Moskow daripada Brussels.(BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat