visitaaponce.com

PBB Sebut Dunia Hilang Arah, Masyarakat Gaza Makin Menderita

PBB Sebut Dunia Hilang Arah, Masyarakat Gaza Makin Menderita
WAKIL Sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, Martin Griffiths.(Dok. AFP)

WAKIL Sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, Martin Griffiths mengatakan semua prediksi mengenai konsekuensi bencana dari invasi darat Israel ke Rafah menjadi kenyataan. Ia menyebut dunia seakan hilang arah dan masyarakat di Jalur Gaza semakin menderita.

Griffiths telah lama memperingatkan dampak buruk jika populasi pengungsi di Rafah menghadapi serangan militer, bahkan hampir tidak ada makanan yang tersisa dan upaya kemanusiaan terhenti.

“Dunia telah tersesat dan perlu kembali ke norma-norma yang kita ciptakan,” katanya dalam sebuah postingan di media sosial dilansir Aljazeera, Sabtu (18/5).

Baca juga : PBB Selidiki Kematian Staf Internasional akibat Serangan di Rafah

Griffiths menambahkan kelaparan di Gaza adalah bahaya yang sedang berlangsung, jelas, dan nyata.

“Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kita tidak perlu menjadi ilmuwan untuk melihat konsekuensi dari hilangnya pangan,” tegasnya.

Sementara itu, penembakan artileri terhadap kamp pengungsi Jabalia terus berlanjut sepanjang malam, sedangkan serangan pesawat nirawak dan rudal yang ditembakkan oleh jet tempur menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai lainnya dalam dua serangan terpisah di wilayah Jabalia.

Baca juga : Israel Bombardir Rafah

Beberapa rudal juga ditembakkan ke arah Sekolah Faisal bin Fahd, yang terletak di sebelah barat pengungsian dan menewaskan satu orang serta melukai lainnya.

Gaza Selatan juga diserang dengan laporan dua orang tewas dan beberapa lainnya terluka menyusul serangan terhadap rumah-rumah di Rafah tengah dan daerah Ma’an di Khan Younis.

(Al Jazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat