visitaaponce.com

Kemampuan Membantu Memburuk, Program Pangan Dunia Serukan Gencatan Senjata Gaza

Kemampuan Membantu Memburuk, Program Pangan Dunia Serukan Gencatan Senjata Gaza
Warga Palestina memeriksa lokasi bangunan yang terkena pengeboman Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 8 Mei 2024.(AFP)

PROGRAM Pangan Dunia (WFP) menyerukan gencatan senjata mendesak di Jalur Gaza, (Palestina). Ia memperingatkan bahwa kemampuannya untuk membantu orang-orang di wilayah kantong Palestina yang terkepung semakin memburuk.
  
"Kita membutuhkan gencatan senjata yang mendesak sekarang," kata WFP melalui akun media sosial X, Rabu (29/5). WFP menekankan bahwa Rafah sedang terbakar dan orang-orang serta anak-anak yang mengungsi di Rafah dan seluruh Gaza sudah sangat kelelahan.
  
"Dan kemampuan kami untuk membantu mereka semakin memburuk seiring Waktu berjalan setiap hari," ucapnya. Pernyataan badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut muncul setelah serangan Israel pada Minggu (26/5) terhadap kamp pengungsi di kota Rafah di Gaza selatan yang menyebabkan kematian puluhan orang.
  
Setidaknya 45 orang tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan hampir 250 lain terluka, termasuk luka bakar serius, setelah serangan Israel. Israel telah melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 menyusul serangan Hamas, menewaskan lebih dari 36.170 orang, dan melukai sedikitnya 81.400 lain.
  
Hampir delapan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan. Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional yang dalam keputusan terbarunya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasinya di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei. (Ant/Z-2)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat