visitaaponce.com

Gunung Kanlaon di Filipina Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Km

Gunung Kanlaon di Filipina Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Km
Letusan gunung Kanlaon di Filipina.(Dok. Phillipine News Agency (pna.gov.ph))

PIHAK berwenang Filipina memerintahkan penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi Kanlaon, di bagian barat negara itu, untuk mengungsi. Perintah tersebut menyusul peningkatan aktivitas gunung tersebut yang memuntahkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer ke langit sejak Senin (3/6) malam.

Letusan eksplosif yang terjadi selama enam menit ini menyebabkan gempa bumi yang kuat dan menghentikan aktivis penduduk Kota Canlaon. Kemudian tiga maskapai penerbangan membatalkan 32 jadwal penerbangan.

“Turunlah ke pusat evakuasi masing-masing, waspada, dan persiapkan hal-hal penting seperti air dan makanan,” kata Wali Kota Canlaon Jose Chubasco Cardenas, dilansir dari Guardian, Selasa (4/6).

Baca juga : Gunung Ibu di Halmahera Meletus, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer

Penduduk kota yang berada di Provinsi Negros Oriental ini diminta mengungsi untuk menghindari letusan susulan, termasuk paparan abu dan belerang. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) mencatat peningkatan aktivitas gunung tersebut dan menetapkan status siaga.

Badan itu mengatakan masyarakat harus berhati-hati terhadap partikel abu. "Kami menyarankan masyarakat untuk memakai masker untuk melindungi diri dari abu vulkanik,” kata Kepala PHIVOLCS Teresito Bacolcol.

Di dekat Provinsi Negros Occidental, lebih dari 700 orang berlindung di pusat-pusat evakuasi, kata Gubernur Jose Lacson. “Kami menyarankan mereka untuk tetap tinggal di sana, dan bagi mereka yang belum berada di pusat evakuasi, saya harap mereka dapat mempertimbangkannya kembali,” tambahnya.

Baca juga : Gunung Lewotobi Laki-laki Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2 Kilometer

Instansi pemerintah belum melaporkan orang hilang, terluka, atau ada korban jiwa sejak letusan itu terjadi. Tim tanggap darurat telah dikerahkan di daerah yang terkena dampak untuk memindahkan warga ke tempat yang aman.

Kanlaon adalah salah satu dari dua lusin gunung berapi aktif di negara itu dan terakhir meletus pada Desember 2017. Filipina terletak di Cincin Api Pasifik, tempat aktivitas gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat