visitaaponce.com

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus Lagi, Tinggi Kolom Abu 100 Meter

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus Lagi, Tinggi Kolom Abu 100 Meter
Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT kembali meletus pada Selasa (23/4).(Metro TV)

GUNUNG Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus pada Selasa (23/4) pukul 06:47 Wita.

Laporan Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 100 meter di atas puncak atau 1.684 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2.9 milimeter dan durasi lebih kurang  45 detik.

Baca juga : Gunung Lewotobi Perempuan di Flores Timur Naik Status ke Level II

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Rihi menyebutkan larangan masyarakat maupun wisatawan mendekat ke kaki gunung tetap berlaku. Masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi  dan sektoral 3 kilometer pada arah utara-timur Laut, dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Terkait peningkatan aktivitas gunung tersebut, masyarakat juga diingatkan tentang potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak, apabila turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami minta masyarakat tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ujarnya.

Sedangkan aktivitas gunung dari Senin (22/4) pukul 18.00 sampai 00.00 Wita, terdapat aliran lava dari pusat erupsi menuju arah timur laut sejauh 3.340 meter.

Selain itu, terpantau asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat