visitaaponce.com

Kasus Kematian Akibat Flu Burung AH5N2 Terkonfirmasi di Meksiko

Kasus Kematian Akibat Flu Burung A(H5N2) Terkonfirmasi di Meksiko
Seorang pria di Meksiko dengan komplikasi kesehatan sebelumnya telah meninggal setelah terinfeksi virus flu burung tipe A(H5N2)(Freepik)

SEORANG pria di Meksiko dengan komplikasi kesehatan sebelumnya telah meninggal setelah terinfeksi virus flu burung tipe A(H5N2), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan, sambil memperingatkan risiko bagi masyarakat umum virus tersebut tetap rendah.

Badan kesehatan global itu, dalam sebuah pernyataan, Rabu, mengatakan pria berusia 59 tahun itu meninggal di Kota Meksiko pada April setelah mengalami gejala termasuk demam, sesak napas, diare, dan mual.

Keluarga pria tersebut mengatakan ia sudah terbaring di tempat tidur selama tiga minggu karena alasan lain sebelum timbulnya gejala akutnya.

Baca juga : Kematian akibat Virus Dengue Terus Meningkat

Departemen kesehatan masyarakat Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyakit bawaan pria itu termasuk gagal ginjal kronis, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Ia mencari perawatan rumah sakit pada 24 April dan meninggal pada hari yang sama.

Pemeriksaan awal menunjukkan jenis flu yang tidak teridentifikasi yang pengujian laboratorium selama beberapa minggu kemudian mengonfirmasi sebagai A(H5N2), kata WHO.

Baca juga : Flu Burung belum Termasuk Kategori Darurat Kesehatan

Itu adalah "kasus infeksi manusia pertama yang dikonfirmasi oleh laboratorium dengan virus influenza A(H5N2) yang dilaporkan secara global," tambah badan itu.

WHO mengatakan sumber paparan virus tersebut tidak diketahui, meskipun kasus A(H5N2) telah dilaporkan pada unggas di Meksiko. Ini termasuk di peternakan ayam rumahan di negara bagian Michoacan, yang berbatasan dengan negara bagian Meksiko di mana pria itu tinggal, tetapi otoritas sejauh ini belum dapat menemukan hubungan.

WHO mengatakan tidak ada kasus manusia lebih lanjut yang ditemukan, meskipun menguji orang yang berhubungan dengan yang meninggal di rumah dan di rumah sakit.

Baca juga : Jaringan Keselamatan Kesehatan Global Dapat Dibangun Sepenuhnya Dengan Mengikutsertakan Taiwan.

"Berdasarkan informasi yang tersedia, WHO menilai risiko saat ini bagi populasi umum yang ditimbulkan oleh virus ini rendah," katanya.

Kementerian Kesehatan Meksiko juga mengatakan tidak ada "risiko penularan bagi populasi," mencatat bahwa "semua sampel dari kontak yang diidentifikasi [pasien] telah negatif".

Otoritas memantau peternakan dekat rumah korban dan telah menetapkan sistem pemantauan permanen untuk mendeteksi kasus lain di satwa liar di daerah tersebut, tambah kementerian itu.

Varian flu burung yang berbeda, A(H5N1), telah menyebar selama berminggu-minggu di antara kawanan sapi perah di AS, dengan sejumlah kecil kasus dilaporkan di antara manusia.

Varian flu burung lainnya telah membunuh orang di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk 18 orang di Tiongkok selama wabah A(H5N6) pada 2021, menurut garis waktu wabah flu burung dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat